Petugas dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH), Pemkab Banjarnegara, sedang memalukan pemangkasan pohon peneduh, Senin (28/1).
Petugas dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH), Pemkab Banjarnegara, sedang memalukan pemangkasan pohon peneduh, Senin (28/1).

BANJARNEGARA, SATELITPOST – Predikat sebagai kota bersih dengan penghargaan Adipura, terus digencarkan pemerintah daerah. Melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH), Pemkab Banjarnegara siap merebut Adipura 2019.

Kasie Sampah DPKPLH Banjarnegara, Rakiwan mengatakan, beberapa persiapan sudah dilakukan mulai dari keberadaan tempat sampah di beberapa sudut kota, hingga penataan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ada di Desa Winong, Kecamatan Bawang.

Tak hanya itu, pemangkasan pohon peneduh yang membahayakan juga mulai dilakukan termasuk menata dan mempersolek area perkantoran.

“Dengan kekuatan yang ada, kami siap menjadikan Banjarnegara kota yang bersih dan nyaman. Soal mendapat piala Adipura, itu bonus dari pemerintah pusat. Yang pasti tujuan kami bagaimana Banjarnegara ini, menjadi lebih bersih dan sehat,” katanya.

Menurutnya, upaya itu mendapat dukungan berbagai pihak termasuk tim penggerak PKK yang rutin melakukan penanaman bunga di beberapa sudut kota supaya terlihat lebih indah.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Banjarnegara, Arifin Romli mengatakan, selain menata taman dan areal perkotaan, juga dilakukan pemangkasan pohon peneduh yang dinilai membahayakan sekaligus pencegahan terjadinya pohon tumbang saat hujan deras.

“Kita terus berbenah demi kebersihan dan kenyamanan kota, demi terwujudnya Banjarnegara yang sejahtera dan bermartabat sesuai visi misi bupati,” katanya. (oel)