BANJARNEGARA, SATELITPOST-Menjelang libur akhir tahun, kebutuhan gas elpiji 3 kilogram diperkirakan terus meningkat. Untuk mengatasi kelangkaan, pemerintah daerah mengusulkan tambahan pasokan untuk kebutuhan masyarakat di Banjarnegara.

Koordinator elpiji 3 kilogram Kabupaten Banjarnegara, Soepono mengatakan, menjelang libur akhir tahun ini memang ada peningkatan permintaan gas elpiji. Tetapi sejauh ini, kebutuhan elpiji tabung melon di Banjarnegara masih tercukupi.

“Ada beberapa wilayah yang permintaannya tinggi, seiring adanya peringatan hari besar seperti mauludan, dan perayaan pergantian tahun,” katanya.

Sebagai upaya mencegah terjadinya kelangkaan, Banjarnegara mengusulkan ekstra dropping sebanyak 37.152 tabung. Jumlah tersebut dua kali lipat dari kebutuhan harian Banjarnegara yang mencapai 18.576 tabung.

“Kita juga terus menyosialisasikan peralihan ke elpiji non subsidi 5,5 kg. Peralihan ini juga menjadi faktor tercukupinya elpiji di Banjarnegara,” katanya.

Diakuinya, saat ini stok di tingkat pengecer masih sangat tercukupi. Hanya saja, stok di tingkat pangkalan memang mengalami penurunan.

“Kita sudah keliling, stok di tingkat eceran masih cukup. Yang mengalami penurunan stok hanya di tingkat pangkalan. Masalah ini akan segera teratasi, sebelum memasuki libur natal dan tahun baru,” ujarnya. (oel)

Komentar

komentar

BAGIKAN