SEJUMLAH anak sedang mandi lumpur yang menjadi satu andalan wisata di desa wisata Kitiran Desa Pagak, Kecamatan Purwareja Klampok.

BANJARNEGARA, SATELITPOST-Sejumlah desa wisata Banjarnegara dan Jawa Tengah, menampilkan potensinya dalam Festival Desa Wisata (FDW) yang digelar di dataran tinggi Dieng Banjarnegara, akhir pekan lalu.

Kegiatan tersebut, merupakan upaya menjalin silaturahmi antar pengelola desa wisata sekaligus ajang berbagi dalam promosi dan pengelolaan desa wisata.

“Festival ini pertama kalinya di Banjarnegara. Kami berharap para pengelola desa wisata bisa saling berbagi ilmu dalam pengembangan desa wisata. Mulai dari pengelolaan, penggalian potensi, hingga promosinya,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Dwi Suryanto.

Selain ajang bertukar pengalaman, kegiatan itu dijadikan kesempatan memperkenalkan potensi desa wisata di masing-masing wilayah. Sehingga, ke depan desa wisata akan semakin berkembang dan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung.

Menurut Dwi Suryanto, festival ini diharapkan mampu memotivasi desa-desa wisata di Kabupaten Banjarnegara untuk lebih maju dan berkembang lagi.

“Dengan pengelolaan yang baik, kami berharap potensi wisata akan lebih tergali. Kami berharap desa wisata tetap menonjolkan kearifan lokal, suasana pedesaan, terus membangun jejaring antar desa wisata, dan selalu berinovasi mengembangkan desanya,” katanya. (oelsatriapos@yahoo.com)

Komentar

komentar

BAGIKAN