SEBUAH Baliho alat peraga kampanye diturankan Banwaslu Banjarnegara Minggu (14/4).

 

BANJARNEGARA,SATELITPOST-Memasuki masa tenang Pemilu 2019, seluruh alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 di wilayah Banjarnegara mulai diturunkan. Aksi penurunan APK ini sudah dilakukan sejak Minggu (14/4) dini hari.

Ketua Bawaslu Banjarnegara Sarno Wuragil mengatakan, aksi penurunan ini dilakukan serentak di 20 kecamatan yang juga melibatkan panwas lapangan. “Semalam serentak di 20 Kecamatan, habis diturunkan langsung dibawa ke kantor masing-masing kecamatan. Untuk jumlahnya belum tahu, tapi yang pasti ribuan,” katanya.

Selain itu, Bawaslu Kabupaten Banjarnegara bersama dengan Satpol PP serta pengawalan petugas kepolisian juga kembali menertibkan AKP yang masih terpasang pada Minggu (14/4). Meski begitu, ternyata masih banyak APK ilegal yang bercokol.

Selain Satpol PP, penertiban dibantu personel dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, dan DPU PR, termasuk relawan bawaslu. “Kita dibantu dari dinas yang memiliki mobil, tangga dan bak sampah, sebab banyak sampah yang dihasilkan dari penertiban APK ini,” ujarnya.

Sebenarnya, sesuai dengan ketentuan PKPU, para kontestan sudah mulai mencopot APK pada H-1 hari tenang. Selain itu, selama hari tenang, para peserta pemilu tidak boleh melakukan kegiatan kampanye, teramsuk memasang APK.  “Kita berharap, semua peserta pemilu mengikuti dan mematuhi aturan yang ada, sehingga pemilu ini dapat berjalan dengan aman, damai, dan dekomratis,” ujarnya. (oel)