PULUHAN warga Desa Pesantren di Kecamatan Wanayasa, mengadakan aksi bersih sungai untuk antisipasi banjir di musim penghujan, Selasa (3/12).

BANJARNEGARA, SATELITPOST – Tingginya intensitas hujan dalam sepekan terakhir, membuat sejumlah warga Desa Pesantren, Kecamatan Wanayasa melakukan aksi bersih sungai. Hal ini dilakukan, untuk mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor saat musim penghujan.

Kalakhar BPBD Banjarnegara, Arief Rahman mengatakan, kegiatan bersih sungai warga Desa Pesantren bersama para relawan merupakan bentuk pencegahan dan kesiapsiagaan warga dalam menghadapi musim penghujan.

Kasie Pencegahan dan Kesiapsiagaan di BPBD Banjarnegara, Andri Sulistyo mengatakan, kesadaran masyarakat akan kebersihan sungai menjadi bagian penting dalam pencegahan kebencanaan. Sebab satu penyebab terjadinya banjir, karena tidak lancarnya aliran air hujan yang masuk ke sungai.

“Sumbatan bisa mengakibatkan banjir, sehingga ini harus ditangani bersama. Kewaspadaan dan kesadaran masyarakat akan bencana, sangat penting,” katanya. (oel)