Pengurus DWP Banjarnegara, berfoto bersama peserta lomba dengan hasil karya berbahan ecobrics, di Pendapa Dipayudha, Rabu (4/12). ISTIMEWA

BANJARNEGARA, SATELITPOST – Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Banjarnegara, menggelar lomba membuat bangku taman dari limbah botol plastik atau ecobricks sebagai rangkaian kegiatan memeriahkan hari jadi yang ke 20.

Ketua panitia penyelenggara, Ny Hj Elly Arifin Romli mengatakan, perlombaan pemanfaatan botol plastik bekas yang diisi limbah non-biological tersebut bertujuan untuk mengurangi sampah plastik.

“Botol plastik bekas bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna, seperti ecobriks untuk bahan pembuatan meja, kursi, tembok, maupun barang kesenian lainnya,” katanya, Rabu (4/12).

Menurutnya, kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi kerusakan lingkungan akibat sampah plastik. Sebab, Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik nomor 2 terbesar setelah China.

“Kegiatan ini sebagai wujud nyata memanfaatkan barang bekas, sehingga menghasilkan karya yang bagus dan bernilai jual tinggi,” katanya.

Ketua DPW Kabupaten Banjarnegara, Ny Hj Sri Rejeki Indarto mengatakan, selain lomba membuat bangku taman dengan ecobrics, juga diselenggarakan sosialisasi stunting dan diet plastik pada akhir November lalu.

“Harapan kami, setelah ini setiap kantor baik dinas hingga kecamatan bisa memiliki kursi santai berbahan ecobrics,” katanya.

Menurutnya, sampah plastik sulit terurai karena membutuhkan waktu sangat lama hingga lebih dari 400 tahun.

“Indonesia menjadi produsen sampah plastik nomor 2 terbesar di dunia. Karena itu, kami berusaha membantu pemerintah dengan menggalakkan diet plastik melalui lomba ini,” katanya.

Pemenang dalam lomba kali juara 1 diraih oleh UP DWP Badan Kepegawaian Daerah dengan perolehan nilai 102,5. Kemudian juara 2 diraih oleh UP DWP Dinas Perhubungan dengan total nilai 100, dan juara 3 diraih oleh UP DWP Dinas Tenaga Kerja Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan total nilai 98. (oel)