BANJARNEGARA, SATELITPOST- Pemerintah Kabupaten Banjarnegara mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-47 di Desa Kasmaran Kecamatan Pagentan, Kamis (11/04).

Kepala Dispermades PPKB Drs Agus Kusuma MM mengatakan, BBGRM Desa/Kelurahan di Kabupaten Banjarnegara ditujukan untuk meningkatkan kepedulian dan peran masyarakat. Hal ini dicapai dengan semangat kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotongroyongan. Tujuan akhirnya adalah penguatan integrasi sosial melalui kegiatan gotong-royong dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara, Drs Indarto MSi  berharap besar terhadap agenda ini. menurutnya, kegiatan positif tersebut dapat dijadikan upaya melestarikan serta meningkatkan nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.

Sebagai tindak lanjut pencanangan kemarin, Indarto menginstruksikan kepada seluruh camat dan kepala desa untuk melakukan kerja bakti bersama seluruh warga masyarakat di wilayah masing-masing. Misalnya, membersihkan selokan, membersihkan lingkungan, cabut paku pada pohon, tanam bunga, tanam toga, bersih pasar, bersih makam, membersihkan jalan desa, jalan kabupaten, dan lain sebagainya.

“Kegiatan ini untuk mempertahankan budaya gotong royong di dalam kehidupan bermasyarakat yang semakin tergerus oleh kemajuan jaman yang serba modern dan kehidupan individualis,” katanya.(oel)