BUPATI Banjarnegara, Budhi Sarwono, meninjau langsung kegiatan pembersihan sistem drainase usai merelokasi PKL di kawasan RSUD Hj Anna Lesmana, Senin (12/8).

BANJARNEGARA, SATELITPOST – Penataan wajah kota, terus dilakukan pemerintah Banjarnegara. Setelah PKL Alun-alun Banjarnegara, kini giliran PKL yang ada di sepanjang jalan kompleks RSUD Anna Lasmana juga ditata.

Setelah para PKL direlokasi ke eks gedung Dinas Kesehatan Banjarnegara, bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, meninjau langsung pemeriksaan sekaligus pembersihan sistem drainase di kawasan RSUD Anna Lesmana yang selama ini ditempati pedagang.

“Ternyata setelah dibongkar, banyak sekali sampah di dalam gorong-gorong. Kali ini langsung dibedah, sampahnya diangkut dan salurannya digelontor dengan air deras,” kata Bupati Budhi, Senin (12/8).

Menurut bupati, gorong-gorong di kawasan tersebut akan dirapikan. Sebab, trotoar yang ada di atas gorong-gorong juga sudah mulai rusak dan labil karena sering digunakan untuk tiang tenda para PKL.

“Kita akan tata lagi, bongkar gorong-gorongnya dan perbaiki trotoarnya. Nanti ditanami bunga-bunga, karena ini area rumah sakit jadi harus indah dan nyaman,” ujarnya.

Bupati juga akan memberlakukan satu jalur, pada ruas Jalan Jenderal Soedirman khususnya yang melintasi rumah sakit. Sehingga, akan membuat nyaman masyarakat yang mengakses rumah sakit.

“Akan segera kami kordinasikan dengan Polres dan Dinhub Banjarnegara terkait rencana ini,” ujarnya.

Setelah pemindahan PKL, suasana di kawasan tersebut kini tampak lebih tertib. Lalu lintas pun menjadi lebih lancar dan pemandangan di halaman rumah sakit tak lagi terhalang.

Kasat Pol PP Banjarnegara, Esti Widodo mengatakan, ada 25 PKL RSUD yang dipindahkan ke area baru di kompleks eks Dinas Kesehatan Banjarnegara.

“Totalnya ada 25 pedagang, 17 pedagang yang sebelumnya di depan rumah sakit dan 8 lainnya yang di seberang utara,” ujarnya.

Esti menambahkan, setelah pemindahan ini area depan RSUD Hj Anna Lesmana harus steril dari PKL dan parkir kendaraan. Menurutnya, lahan relokasi digunakan untuk parkir karyawan dan pengunjung rumah sakit.

Yanto, seorang PKL yang biasa mangkal di trotoar kompleks RSUD mengaku, siap menempati lahan baru. Ia yang membuka lapak Ronde Buah, berterima kasih karena pemerintah merelokasi dia dan pedagang lainnya.

“Tempatnya baru, jadi saya harus rajin sosialisasi kepada pelanggan. Semoga di tempat baru ini, dagangan tetap laris dan barokah,” katanya. (maula@satelitpost.com)