Sejumlah atlet berbagai cabang olahraga di Banjarnegara, sedang menjalani tes kebugaran, di Station Soemitro Kolopaking Banjarnegara, Sabtu (7/9). MAULA
Sejumlah atlet berbagai cabang olahraga di Banjarnegara, sedang menjalani tes kebugaran, di Station Soemitro Kolopaking Banjarnegara, Sabtu (7/9). MAULA

 

BANJARNEGARA, SATELITPOST – Untuk mengetahui kebugaran atlet sebelum memasuki masa pelatkab, KONI Banjarnegara melakukan pembinaan dan peningkatan prestasi dan tes parameter.

Ketua KONI Banjarnegara, Nurohman mengatakan, tes kebugaran atlet ini dilakukan pada 395 atlet dari berbagai cabang olahraga di bawah naungan KONI Banjarnegara. Tes dilakukan selama dua hari, Jumat dan Sabtu (7/9) dan menggandeng perguruan tinggi.

“Dengan tes awal ini, kita bisa melihat tingkat kebugaran atlet. Sehingga hasilnya nanti akan diserahkan ke pengkab, untuk melakukan tindak lanjut demi meraih prestasi terbaik,” katanya.

Menurutnya, tes kebugaran jasmani (TKJ) ini merupakan program kerja KONI untuk mengetahui kesiapan para atlet menghadapi berbagai kejuaraan.

“TKJ ini adalah awal untuk menjadi bahan bagi pelatih dalam menyusun program. Sehingga, ke depan kita bisa mengetahui kemampuan para atlet yang nanti akan mengikuti berbagai kegiatan,” katanya.

Setelah hasil tes diterima cabang, maka setiap pelatih dari masing-masing cabang olahraga akan melakukan evaluasi.

Sekretaris KONI Banjarnegara, Saeful Fadli mengatakan, beberapa menu ujian dalam TKJ ini adalah kemapuan jarak lari untuk mengetahui VO2Max atlet, pull up, push up, sit up, vertical jump, dan ujian dasar lainnya. (oel)