BANJARNEGARA, SATELITPOST – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjarnegara, mulai melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara untuk calon anggota DPR RI daerah pemilihan Jateng 7 dan DPRD Provinsi daerah pemilihan Jateng 10.

“Hari ini (kemarin) kita mulai melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara untuk DPR RI dan DPRD Provinsi Jawa Tengah. Dengan melibatkan 550 orang tenaga, pelipatan ini akan selesai dalam empat hari ke depan,” kata ketua KPU Kabupaten Banjarnegara, Bambang Puji, Rabu (13/3).

Menurutnya, untuk Kabupaten Banjarnegara saat ini baru surat suara untuk DPD RI yang sudah selesai dilipat. Sehingga masih ada dua jenis surat suara yang belum diterima, yakni DPRD Kabupaten Banjarnegara, dan surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden.

“Banjarnegara mendapatkan 3.999.267 lembar surat suara yang terdiri dari lima jenis, yakni DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, dan pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI, masing-masing berjumlah 799. 853. Jumlah tersebut sesuai jumlah daftar pemilih tetap terakhir, ditambah 2,5 persen,” katanya.

Meski diakui ada keterlambatan dalam pengiriman, KPU tetap optimistis semua kelengkapan pemilu akan selesai tepat waktu. Termasuk pelipatan dan packing sebelum dikirim ke PPK, PPS, dan TPS para H-1 pelaksanaan pemilu serentak 17 April mendatang.

“Kami memang belum terima surat suara untuk DPRD Kabupaten dan surat suara untuk pasangan calon presiden. Tetapi kami tetap optimistis, jika perlu nanti kita tambah lagi tenaga pelipat surat suaranya supaya bisa lebih cepat,” katanya. (maula@satelitpost.com)

Kepsen: Para tenaga pelipat, sedang melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara, di GOR Pemuda Banjarnegara, beberapa waktu lalu. Maula