RATUSAN petugas, dilibatkan dalam proses pelipatan surat suara, di Gedung KKP Banjarnegara, Kamis (14/3)

KPU Temukan 1.054 Lembar Surat Suara DPD RI Rusak

– Petugas Pelipat dan Penyortir Dituntut Lebih Teliti

BANJARNEGARA, SATELITPOST – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjarnegara berharap, para petugas lebih teliti saat melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk DPR RI dan DPRD Provinsi yang sudah dimulai sejak beberapa hari lalu.

Ketua KPU Banjarnegara, Bambang Puji mengatakan, saat ini pelipatan dan penyortiran surat suara DPD RI sudah selesai. Dari hasil sortir, ditemukan ada 1.054 surat suara rusak. Sementara untuk surat suara DPR RI, dan DPRD Provinsi, masih dalam proses dan baru ditemukan 100 surat suara yang rusak.

“Jumlah surat suara rusak kemungkinan masih akan bertambah, karena proses sortir dan pelipatan masih berjalan. Ada beberapa kriteria rusak, seperti huruf pada surat suara blur, tertimpa tinta, atau adanya perubahan warna dalam surat suara, serta gambar tidak jelas atau kerusakan lain,” katanya, Kamis (14/3).

Untuk surat suara rusak, nantinya akan dikumpulkan dan diusulkan untuk dimintakan penggantinya. Banjarnegara, mendapatkan total surat suara sebanyak 3.999.267 surat suara yang terdiri dari lima jenis surat suara yang masing-masing sebanyak 799.853 surat suara.

“Jumlah tersebut berasal dari jumlah daftar pemilih di Banjarnegara yang mencapai 784.170, ditambah dua persen dari jumlah pemilih yang tercantum dalam daftar pemilih terakhir,” katanya.

Meski begitu, hingga saat ini baru tiga jenis surat suara yang sudah diterima KPU, yakni DPD RI, DPR RI, dan DPRD Provinsi. Sementara untuk surat suara DPRD Kabupaten dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, hingga saat ini belum diterima. (oel)

Kepsen: Ratusan petugas, dilibatkan dalam proses pelipatan surat suara, di Gedung KKP Banjarnegara, Kamis (14/3). Istimewa