BANJARNEGARA, SATELITPOST – Imbas pergerakan tanah di Dusun Entok RT 4 RW 6, Desa Kebutuh Jurang, Kecamatan Pagedongan, semakin parah.

Kepala Desa Kebutuh Jurang, Sujarwo mengatakan, akibat pergerakan tanah ini telah menyebabkan tembok rumah milik Sahumi, warga Dusun Entok, jebol. Sebelumnya, tembok rumahnya sudah miring akibat pergerakan tanah yang terjadi Januari lalu.

“Sebelumnya memang sudah ada rekahan, tapi sudah ditutup warga dan saat rekahan muncul lagi sejak, Minggu (10/2/2019) sekitar pukul 17.30 WIB. Kami sudah melapor ke kecamatan dan kabupaten,” katanya, Senin (11/2).

Selain merusak rumah, rekahan tanah juga menyebabkan terjadinya longsor di beberapa titik termasuk merusak dondasi talud yang menahan jalan. Sehingga kondisi ini semakin membahayakan pengguna jalan, khususnya kendaraan roda empat.

“Saat ini yang bisa kami lakukan hanya mengimbau warga, termasuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan menutup kembali rekahan tanah,” ujarnya.

Selain itu, dia juga meminta pada warga yang berada di daerah rekahan untuk tetap waspada dan tidak panik. Jika terjadi hujan lebat, kami anjurkan warga mengungsi ke tempat saudara yang lebih aman.