KETUA PGRI Banjarnegara Sukirman memberikan dana untuk solidaritas muslim Rohingya kepada Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang kemudian dilanjutkan pada kabag Kesra Setda Banjarnegara di rumah dinas bupati, Rabu (11/10) malam.

BANJARNEGARA, SATELITPOST-PGRI Banjarnegara berhasil menghimpun dana sebesar Rp 300 juta. Dana tersebut diserahkan pada Bupati Banjarnegara untuk disalurkan pada muslim Rohingya.

Penyerahan dilakukan Ketua PGRI Banjarnegara Sukirman kepada Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang kemudian dilanjutkan pada Kabag Kesra Setda Banjarnegara di rumah dinas bupati setempat, Rabu (11/10) malam kemarin.

Ketua PGRI Banjarnegara Sukirman mengatakan, aksi solidaritas PGRI dalam mengumpulkan dana peduli Rohingya ini dilaksanakan selama beberapa pekan lalu. Dari aksi tersebut terkumpul Rp 231 juta, kemudian secara pribadi Bupati Banjarnegara menyumbang sebesar Rp 69 juta, sehingga total dana yang terkumpul Rp 300 juta.

Selain menggalang dana, PGRI juga melakukan doa bersama untuk keselamatan muslim Rohingya yang sedang mengalami musibah akibat serangan militer. Sebelumnya PGRI Banjarnegara juga telah ikut berpartisipasi untuk membantu warga muslim Rohingya di Bangladesh yang dikoordinir PGRI Pusat, sebesar Rp 10 juta.

“Ini merupakan aksi kemanusiaan kami selaku anggota PGRI guru dan seluruh warga Banjarnegara bagi muslim Rohingya, hasil ini akan kami  serahkan kepada  pemerintah daerah  untuk disalurkan kepada mereka,” katanya.

Dikatakannya, penggalangan dana ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian PGRI terhadap warga Rohingya. Tidak hanya dari kalangan anggota PGRI dan siswa di Banjarnegara, sumbangan untuk muslim Rohingya yang disalurkan melalui PGRI juga ada dari kalangan masyarakat umum, termasuk dari warga pasar, dan pengguna jalan di Banjarnegara.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengapresiasi aksi dari Satgas PGRI  yang telah ikut bersimpati dan peduli terhadap kasus kekerasan yang dialami muslim Rohingya di Myanmar.

“Sesuai arahan bapak presiden, kita melakukan aksi nyata saja, bukan sekadar mengecam. Kita kumpulkan dana untuk masyarakat Rohingya, semoga bisa meringankan beban mereka,” katanya.

Bupati Budhi mengatakan, aksi penggalangan dana tersebut menunjukan ada rasa kepedulian warga Banjarnegara terhadap sesama. Dengan begitu, diharapkan bantuan dari warga Banjarnegara ini bisa sedikit meringankan beban warga Rohingya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Banjarnegara yang berpartisipasi memberikan sebagian yang mereka miliki untuk sesama di Rohingya,” katanya. ([email protected])

Komentar

komentar