KOMANDAN Kodim 0704 Banjarnegara, Letkol Inf Bagas Gunanto, melepas start saat tes fisik anggota di Stadion Soemitro Kolopaking Banjarnegara, Selasa (6/11/2018).SATELITPOST/ISTIMEWA

BANJARNEGARA, SATELITPOST-Untuk mengetahui kemampuan fisik prajurit, Kodim 0704 Banjarnegara melakukan tes fisik anggotanya di Stadion Soemitro Kolopaking Banjarnegara, Selasa (6/11/2018).

Komandan Kodim 0704 Banjarnegara, Letkol Inf Bagas Gunanto mengatakan, dalam uji fisik bagi prajurit TNI Kodim 0704 Banjarnegara ini ada beberapa tahapan. Mulai dari lari sejauh 3.200 meter dengan waktu yang sudah ditentukan, push up, sit up, lari sprint, zig zag, dan lainnya.

“Ada ketetetapan nilai minimal dalam tes ini. Nilai di bawah standar yang sudah ditetapkan, tentu akan memengaruhi karier anggota. Untuk itu, tes ini menjadi wajid bagi prajurit TNI,” katanya.

Karena itu kata dia, seluruh prajurit TNI wajib menjaga kondisi fisik agar tetap prima. Sebagai seorang prajurit, mereka membutuhkan kondisi fisik yang baik demi menjaga keutuhan NKRI.

“Nanti juga akan dilakukan tes ketangkasan perorangan, setiap anggota akan melakukan renang militer sepanjang 50 meter. Rencananya akan diadakan besok (hari ini, red) di kolam renang Serulingmas,” ujarnya. (oel)