CALON pemimpin saat bermain permainan pemecahan sebuah masalah, beberapa waktu lalu.

BANJARNEGARA,SATELITPOST-Pramuka diharapkan menjadi gerakan mampu menjadi pondasi dan peletak nilai-nilai kepemimpinan dan mencetak kader serta pemimpin andal masa depan.

Hal tersebut dikemukakan oleh Wakil Ketua Kwarcab Banjarnegara Bidang Humas Abdimas Suwarso dalam memberikan arahan pada seluruh komandan Pramuka tingkat SMU/SMA/MA/SMK se-Kebupaten Banjarnegara di Sanggar Bhakti Pramuka Kwarcab Banjarnegara.

Menurutnya, generasi muda harus mampu bercermin dari nilai sejarah perjuangan pahlawan dan mampu berinovasi dan berkreasi sesuai masanya serta dapat menjadi ujung tombak penanaman disiplin dalam segala hal.

Selain itu, generasi muda juga diharapkan mampu berperan dan ikut serta dalam mensukseskan program pemerintah dalam berbagai bidang serta bersinergi dengan masyarakat untuk bahu membahu berbuat kebaikan dalam segala hal.

Sebagai calon pemimpin tentu haru memiliki berbagai bekal kemampuan, mulai dari tata kelola organisasi hingga pengendalian dan pemecahan permasalahan. Dalam kegiatan pramuka, hal tersebut bukanlah perkara yang asing, namun jika tidak diasah dengan baik, sudah barang tentu ke depan akan menjadi sebuah persoalan.

“Pemimpin juga butuh inovasi, sehingga mampu menciptakan suasana yang kondusif dan bersama mencapai sebuah tujuan bersama,” kata Suwarso. (oel)