BANJARNEGARA, SATELITPOST-Pola pembangunan di Desa Rakit, Kecamatan Rakit, Banjarnegara diharapkan memenuhi unsur take and give. Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Rakit, Nurohman, saat memberikan sambutan selamat dating kepada Bupati Banjarnegara, Budi Sarwono saat gelaran Tarling, Rabu (15/5) lalu.

“Take and give ini adalah hubungan saling menguntungkan, alias symbiosis mutualisme,” kata dia, kemarin.

Ia menjelaskan lebih detil terkait hal ini. “Selama ini, Rakit selalu berkontribusi pada pembangunan. Lahan di desa kami sebagian untuk fasilitas kabupaten seperti kantor kecamatan, polsek, dan dinas pendidikan kecamatan. Jadi kami ya mohon diprioritaskan dalam pembangunan,” ujarnya.

Dengan apa yang sudah diberikan Rakit, pemerintah seharusnya juga memberikan prioritas kepada pemerintah desa. “Misal, desa kita jalannya dibagusi dengan rabat beton, pertanian kami didukung, RTLH kami juga harus ditambah,” kata dia.

Bupati pun menyambut keinginan Kades dengan tangan terbuka.  “Rakit adalah gerbang kabupaten jadi harus moncer. Dan tarling ini memang sebagai media untuk menjaring aspirasi,” kata bupati.

Dalam Tarling juga disampaikan materi kajian dengan topik menjadi hamba Allah yang mutaqin dari Ustaz H Afit Juliet Nurkholis. (oel)