DIVISI sosialisasi Komisioner KPU Banjarnegara, M Syarif SW, saat memberikan penjelasan seputar kepemiluan kepada siswa yang bekunjung ke RPP, Selasa (3/12).

BANJARNEGARA, SATELITPOST – Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang ada di Kantor KPU Banjarnegara, menjadi destinasi wisata edukasi pendidikan politik terhadap generasi milenial.

Ketua KPU Kabupaten Banjarnegara, Bambang Puji melalui Divisi sosialisasi, M Syarif SW mengatakan, keberadaan RPP bisa menjadi alternatif pembelajaran bagi siswa maupun mahasiswa yang ada di Banjarnegara terkait kepemiluan.

Melalui RPP ini, masyarakat dapat melihat gambaran langsung pembelajaran seputar kepemiluan.

“Kami persilakan memanfaatkan fasilitasi ini bagi yang tertarik mempelajari kepemiluan dan demokrasi,” kata anggota KPU Kabupaten Banjarnegara, M Syarif SW, Selasa (3/12).

Pembelajaran pemilu melalui RPP, tidak dipungut biaya. Bahkan pihak sekolah atau instansi lain, cukup membuat surat kunjungan ke KPU sebagai konfirmasi atau datang langsung pada jam kerja.

“RPP KPU Kabupaten Banjarnegara terdiri tiga ruang, yakni ruang display, simulasi, dan audio visual. Ada tour kecil sambil dijelaskan tentang sejarah pemilu, sejarah KPU, dan simulasi pemungutan suara di TPS. Kami juga putarkan film dokumenter kepemiluan,” katanya.

Untuk mengenalkan keberadaan RPP, KPU Kabupaten Banjarnegara sudah berkunjung ke sekolah, sejumlah pondok pesantren, dan kampus. Bahkan, siswa beberapa sekolah juga sudah ada yang berkunjung ke RPP KPU Kabupaten Banjarnegara. (oel)