BANJARNEGARA, SATELITPOST-Demi pencapaian peningkatan pelayanan dan kesehatan bagi masyarakat secara umum, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono kembali menegaskan pada pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anna Lasmana untuk memberikan pelayanan maskimal pada semua pasien.

“Semua pasien yang datang harus mendapatkan pelayanan terbaik, jangan membeda-bedakan pasien,” kata Bupati Banjarnegara saat menerima kunjungan dokter RSUD Banjarnegara di Pendapa Dipayudha, Jumat (15/9).

Menurutnya, pembangunan daerah tidak lepas dari peningkatan derajat kesehatan masyarakat, dan ini menjadi kunci dalam peningkatan kualitas hidup manusia. Perhatian dan pelayanan kesehatan harus dilakukan oleh pihak rumah sakit.

“Utamakan pelayanan terbaik, meskipun sampai saat ini belum semua sarana dan prasarana terpenuhi, fokus pelayanan kepada masyarakat harus tetap menjadi prioritas,” ujarnya.

Bupati juga meminta seluruh pegawai RSUD ikut mendukung program kerja bupati dan wakil bupati. Dia menegaskan pada masa periode kepemimpinannya, pegawai pemerintah adalah pelayan masyarakat. Sehingga semua komponen harus selalu berusaha bagaimana caranya agar masyarakat puas dengan pelayanan pemerintah.

“Masyarakat harus bisa menikmati pelayanan kesehatan dengan baik,” ujarnya.

Direktur RSUD Banjarnegara Agung Budianto mengatakan, untuk mendukung program Bupati Banjarnegara di bidang kesehatan yang mengutamakan pelayanan, pihaknya berharap adanya tambahan beberapa fasilitas kesehatan, termasuk penambahan ruang kamar tidur pasien.

Saat ini RSUD Anna Lasmanah bertype C mempunyai 600 orang pegawai dan memiliki 219 tempat tidur. Dan saat ini tengah merintis menuju rumah sakit tipe B. Untuk promosi ke level B, RSUD sebenarnya sudah memenuhi sebagian besar kriteria. Namun pihak rumah sakit masih kekurangan beberapa dokter spesialis, serta penambahan beberapa ruang kamar tidur bagi pasien rawat inap.

“Kami siap dan akan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” katanya.

Menurut Agung Budianto, sampai saat ini, RSUD juga terus berbenah, baik dalam peningkatan pelayanan maupun kelengkapan. Dengan jumlah dokter yang ada  saat ini, pihaknya sudah mampu melayani poli mata dan THT setiap hari.

Sedangkan untuk pelayanan cuci darah atau Haemodialisa (HD) kami juga sudah punya delapan mesin HD. Unntuk pelayanan laboratorium juga sudah menggunakan mesin laboratorium terbaru. “Pelayanan HD termasuk yang masih baru di RSUD Banjarnegara,” katanya.

RSUD Anna Lasmanah saat ini juga sudah mempunyai dokter spesialis jantung dan spesialis bedah mulut serta apoteker dari tenaga PNS. (oelsatriapos@yahoo.com)