BANJARNEGARA, SATELITPOST-Sebanyak 96 orang personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Banjarnegara  menggelar simulasi pelatihan dasar Pengendalian Huru Hara (PHH) di Halaman Kantor Satpol PP Banjarnegara, Selasa (10/10).

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang hadir menyaksikan juga ikut larut dalam simulasi pengendalian huru-hara tersebut.

Aksi tersebut digelar menjelang dilaksanakannya kegiatan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Banjarnegara bulan November mendatang, serta  dalam rangka penegakan peraturan daerah (Perda) di Banjarnegara.

“Simulasi pelatihan ini sasarannya adalah untuk mempertegas Satpol PP sebagai tameng penegakkan Perda serta menghadapi kemungkinan adanya kerusuhan,” kata  Setyadi, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja melalui Kabid Penegakkan Perda.

Anggota Satpol PP yang mengikuti pelatihan ini terdiri dari seluruh personel penjagaan, tenaga staf, dan satuan regu penegakkan Perda, serta anggota pemadam kebakaran.

Usai melaksanakan simulasi, Bupati Budhi, mengatakan, simulasi pelatihan penegakkan Perda sangat penting untuk membekali para anggota Satpol PP dalam menghadapi situasi dan kondisi yang genting.

“Tugas yang saudara lakukan itu merupakan amanah dari undang-undang terutama dalam melakukan pengamanan internal dan eksternal terkait kebijakan dan perintah daerah dan seluruh organisasi perangkat daerah,” ujarnya. (oel)

Komentar

komentar