Siswa SMAN 1 Sigaluh, sedang mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), di ruang kelas, Sabtu (9/2).
Siswa SMAN 1 Sigaluh, sedang mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), di ruang kelas, Sabtu (9/2).

BANJARNEGARA, SATELITPOST – Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA, ratusan siswa di Banjarnegara mulai melakukan simulasi pelaksanaan ujian nasional di sekolah masing-masing.

Kepala SMAN 1 Sigaluh, Imam Raharjo mengatakan, pelaksanaan simulasi ini dilakukan agar siswa menjadi terbiasa dan tidak canggung saat pelaksanaan UNBK. Selain itu, panitia tingkat sekolah juga bisa melihat dan mengalanisa kekurangan dan kesiapan pelaksanaan UNBK.

“Memang saat simulasi sempat ada masalah karena listrik padam. Tapi berkat kerjasama yang baik dengan PLN, meski sempat tertunda sekitar satu jam simulasi tetap terlaksana dengan lancar,” katanya.

Menurutnya, pelaksanaan UNBK ini sangat tergantung pada aliran listrik dan juga jaringan internet. Pada palaksanaannya nanti, sekolah juga akan menyediakan genset sebagai antisipasi gangguan listrik.

“Kita ingin pelaksanaan UNBK sempurna, sehingga tidak terkendala masalah teknis. Terlebih di musim penghujan, force majour sangat mungkin terjadi karena faktor alam. Maka kami menyiapkan genset, dan juga modem untuk menjamin UNBK lancar,” katanya. (oel)