SEJUMLAH siswa SMAN 1 Banjarnegara, sedang bersiap membagikan paket makanan untuk warga di sekitar sekolah, beberapa waktu lalu.

BANJARNEGARA, SATELITPOST – Sejak pekan lalu, serangkaian kegiatan digelar memeriahkan Hari Jadi SMA Negeri 1 Banjarnegara ke 58. Suratno, Waka Kesiswaan mengatakan, kegiatan di awali dengan aksi sosial berbagi kebahagiaan kepada masyarakat di sekitar sekolah.

“Perayaan hari jadi sekolah tahun ini, sedikit berbeda dan menghindari kesan hura-hura. Dengan membagikan paket makanan untuk tukang becak, tukang sapu jalanan, tunawisma, dan warga sekitar sekolah, melatih kepedulian peserta didik terhadap masyarakat sekitar,” katanya, akhir pekan lalu.

Menurutnya, bentuk kesederhanaan kegiatan bertujuan melatih pendidikan karakter peserta didik. Sehingga, mereka menjadi lebih bertanggung jawab, suka menolong, dan gemar bersosialisasi.

“Jadi bukan cuma melatih berhemat, kegiatan-kegiatan tahun ini juga menanamkan kesederhanan hidup,” katanya.

Ketua OSIS SMA N 1 Banjarnegara, Tengku Sofan mengatakan, meski kemasan kegiatan berupa aksi peduli sekitar, para siswa tetap semangat dan senang karena bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar sekolah.

“Dengan kegiatan berbagi ini, semua jadi bisa ikut merasakaan kegembiraan kami,” ujarnya.