Akhir pekan lalu, SMAN 1 Banjarnegara juga menggelar Smansabara Reunion, dengan mendatangkan alumni yang sudah sukses di bidang entertainment dan bisnis.

Syfa Shabana, alumni sekolah yang berhasil terpilih menjadi Duta Genre Yogyakarta dan menjuarai Sunsilk Hijab Hunt. Selain itu, Zulfan Tito, alumni SMA N 1 Banjarnegara yang sukses dengan usaha axelerate creative, sebuah perusahaan jasa iklan, juga dihadirkan untuk memotivasi peserta didik agar mampu mengaplikasikan potensi dirinya.

Menurut Tengku Sofan, Ketua OSIS SMAN 1 Banjarnegara,  kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk talkshow agar peserta didik termotivasi untuk menggali potensi yang dimilikinya.

Dalam kesempatan tersebut, Syfa menceritakan perjalanannya dalam menggapai prestasi. Sejak SD, Syfa sudah getol mengikuti berbagai kompetisi, hingga akhirnya terpilih sebagai duta wisata. Dia juga aktif berkegiatan seni, dan berhasil menjadi juara menari pada Porseni Kabupaten Banjarnegara.

“Saya selalu ingat pesan orangtua, bahwa Syfa harus menjadi wanita yang bernilai dan harus tahu siapa yang harus dibahagiakan. Dengan begitu, kita akan termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi dalam segala hal,” ujarnya.

Zulfan Tito juga menceritakan perjalanan bisnis yang dirintisnya dengan berdarah-darah. Waktu masih SMP, Tito sudah tertarik dengan bisnis dan itu dibuktikan dengan berjualan bola. Dia juga pernah jualan es kuwut, telur asin, hingga mencoba-coba beternak ayam.

“Saya pernah bangkrut dan harus mengembalikan modal dengan menabung. Pada awal kuliah, saya mencoba berjualan nasi uduk dan nasi kuning,” ujarnya.

Menurut Tito, keinginannya menggeluti bidang bisnis terpupuk saat SMA. Dia membaca buku tentang kesuksesan seorang konglomerat yang sukses dengan bisnisnya.

“Pesan saya, jangan membandingkan diri dengan orang lain. Lebih baik kita membandingkan dengan diri kita sebelumnya, supaya lebih bersyukur dengan apa yang dipunyai,” ujarnya. (enk)