BANJARNEGARA, SATELITPOST – Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) yang dibentuk Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara, melaksanakan aksi sosial bersih desa di Desa Kertosari, Kecamatan Kalibening, Rabu (13/3).

Komandan Sibat Desa Kertosari, Santo mengatakan, selain berperan ekstra dalam hal tanggap bencana, Sibat juga diharapkan mampu berperan optimal membantu masyarakat dan pemerintah mengatasi berbagai masalah sosial kemasyarakatan.

Tidak hanya bersih desa, Sibat juga rutin melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk, sosialisasi serta promosi kebersihan dan kesehatan, hingga masuk dalam berbagai kelompok kegiatan desa untuk sosialisasi mitigasi bencana alam.

“Jadi bersih desa ini, bagian dari upaya pencegahan bencana longsor di wilayah Kecamatan Kalibening,” katanya.

Santo mengatakan, berbagai kegiatan sosial yang dilakukan juga menjadi bentuk peran serta generasi muda dalam membangun desanya. Mereka ikut membantu program pemerintah sekaligus menjadi corong bagi PMI dalam berbagai hal.

“Kami sangat senang bisa berbuat untuk masyarakat,  melatih diri dan kelompok untuk sama-sama mengedukasi warga tentang banyak hal. Meliputi persoalan sosial, mitigasi bencana, dan kegiatan positif lainya,” ujarnya.

Tim beranggotan 30 pemuda yang berasal dari seluruh elemen dan wilayah dukuh yang ada di Kertosari ini, diharapkan dapat eksis dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan membantu pemerintah mengatasi masalah sosial kemasyarakatan.

Ketua PMI Banjarnegara, Setiawan mengatakan, keberadaan tim Sabit ini diharapkan mampu menjadi ujung tombak bagi PMI dalam berbagi hal, termasuk mitigasi bencana alam.

“Banyak hal positif yang dapat dilakukan seperti kerja bakti,  promkes,  kampanye kebersihan,  penyadaran masyarakat, serta edukasi lain yang cocok dengan karakter masyarakat setempat,” katanya. (oel)

Kepsen: Puluhan pemuda yang tergabung dalam  Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat, sedang melakukan aksi bersih desa sebagai upaya pencegahan longsor di Desa Kertosari, Rabu (13/3). Istimewa