Bupati Banyumas Ir Achmad Husein ngabuburit sekaligus menelusuri Lorong Blothong yang ada di Grumbul Jengkonang Kecamatan Kalibagor,Minggu (12/05). satelitpost/rare

BANYUMAS, SATELITPOST-Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein, mengaku sangat mengapresiasi  ide kreatif masyarakat belakang pabrik gula Kalibagor yang berhasil menyulap bekas saluran pembuangan limbah pabrik menjadi tempat wisata yang menarik. Bupati berharap daya tarik Lorong Blothong dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitarnya.

‎”Untuk lorong  kalau bisa jangan jalan kaki, tetapi memakai perahu kecil, jadi pengunjung bisa menikmati keindahan lorong yang dilewati,” kata Husein usai menelurusi Lorong Blothong, Minggu (12/5/2019).

Dalam kunjungan sekaligus ngabuburit tersebut, Husein berharap ke depan wisata Lorong Blothong bisa terus berkembang sehingga bisa menyerap lebih banyak pengunjung lagi. “Nanti kami usahakan bantu untuk pengembangan wisata ini dengan alokasi dari kabupaten atau dengan bantuan keuangan desa,” katanya.

Baca Juga:

Asyiknya Wisata Lorong Blothong, Terowongan Bekas Pembuangan Limbah di Pabrik Gula Kalibagor Banyumas

‎Kabid Dinas Pemuda dan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Aziz mengatakan, ‎Lorong Blothong merupakan wisata yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri karena lahir dari semangat warganya yang ingin mengembangkan dan mendorong wisata di wilayahnya.

“Kami sudah bertemu dengan pengurusnya, kami sarankan untuk membentuk legalitas kepengurusan resmi. Bisa dalam bentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sehingga ada kejelasan yang bertanggung jawab,” katanya.

Nantinya, Dinporabudpar Kabupaten Banyumas akan melaksanakan pembinaan, tidak hanya di Kalibagor saja tetapi juga akan mengembangkan minimal dalam satu kecamatan ada satu obyek wisata. “Melihat antusias masyarakat yang datang ke sini (Lorong Blothong-red) maka harus dikembangkan lebih maksimal,” katanya.

Sementara Camat Kalibagor, Siswoyo mengatakan, pihaknya sebelumnya sudah berkomunikasi dengan masyarakat pada waktu proses pengerjaan. Ia menyebut potensi ini perlu dikembangkan supaya nanti paling tidak bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Kami harapkan pengelolaannya profesional. Pada dasarnya wisata bisa berkembang melibatkan tiga unsur yaitu unsur pemerintah, unsur masyarakat, dan unsur pengelola,” katanya.

Pada kesempatan ini,  bupati yang didampingi  Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Camat Kalibagor, Danramil, Kapolsek, Kepala Desa Kalibagor, Pengurus Wisata Jengkonang dan Tokoh Masyarakat‎ juga menyempatkan membeli beberapa makanan khas masyarakat Kalibagor yang berada di lokasi kuliner untuk berbuka puasa. (rare@satelitpost.com)