BANYUMAS, SATELITPOST- Majelis hakim Pengadilan Negeri ( PN) Banyumas memberikan vonis 5 bulan penjara terhadap AAS (14), Selasa (9/7). Putusan ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa, yakni, 7 bulan penjara.

“Memvonis 5 bulan pidana terhadap AAS dengan ditempatkan dibawah pengawasan penuntut umum dengan perintah kepada pembimbing kemasyarakatan Bapas Purwokerto untuk melakukan pembimbingan selama masa pengawasan tersebut.” kata Ketua majelis hakim Enan Sugiarto SH MH ‎saat membacakan putusan.

Majelis hakim menjelaskan, bahwa AAS  secara sah bersalah melakukan tindak pidana pencurian sebagaimana dimaksud dalam dakwaan pasal 365 ayat (2) ke -2 KUHP.

Sementara hal yang meringankan, adalah fakta bahwa AAS masih berada dibawah umur, bisa dibimbing olehorang tua dan sudah menyesali perbuatannya. Sedangkan hal yang memberatkan, perbuatannya telah membuat resah masyarakat. Atas putusan tersebut AAS menyatakan menerima sedangkan JPU mengaku pikir-pikir.

Dalam berkas perkara disebutkan, AAS terlibat pencurian sebuah handphone merk Oppo bersama teman mainnya KW ( berkas perkara terpisah) pada 25 Maret lalu sekitar pukul 15.30 WIB. Keduanya berhasil merebut handphone milik seorang anak perempuan di wilayah Desa Petarangan Kecamatan Kemranjen. Kedua anak yang baru lulus SMP ini ditangkap saat akan menjual handphone tersebut di sebuah counter. (rar)