DANRAMIL 08/Kalibagor Kapten Inf Untung Nugroho Adi (duduk depan) hadir dalam acara Rakor Kamtibmas di Aula Kecamatan Kalibagor, Rabu (4/12). ISTIMEWA

KALIBAGOR, SATELITPOST–Danramil 08/Kalibagor Kapten Inf Untung Nugroho Adi berikan materi wawasan kebangsaan (wasbang) pada satuan pelindung masyarakat (linmas) dalam kegiatan Rakor Kamtibmas. Acara itu dilaksanakan di Aula Kecamatan Kalibagor, Rabu (4/12).

Hal tersebut bertujuan agar anggota Linmas tidak lupa akan sejarah dan hal-hal terkait lainnya dengan keutuhan bangsa Indonesia. Selain itu hal itu merupakan bagian upaya dalam rangka meningkatkan nasionalisme dan rasa kebangsaan warga negara sebagai suatu bangsa, yang bersatu dan berdaulat dalam suatu wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dijelaskan Danramil, kondisi wawasan Kebangsaan Indonesia saat ini, khususnya tentang Bela Negara sangat memprihatinkan dan ini harus menjadi perhatian kita semua sebagai generasi penerus bangsa dan negara yang tercinta ini. ” Keterlibatan anggota TNI dari Koramil 08/Kalibagor dalam pelatihan kepada linmas ini merupakan salah satu tugas untuk membina komponen cadangan Sistem pertahanan dan Keamanan Nasional serta bekal bagi anggota Linmas sehingga akan tumbuh rasa cinta tanah air kepada generasi penerusnya,” katanya seperti dikutip dari rilis yang diterima SatelitPost.

Selain memperkuat wawasan Kebangsaan dan meningkatkan kesadaran Bela Negara, hal itu juga untuk mengembangkan kemampuan diri di lingkungan masyarakat. Kemampuan itu  dalam rangka menghadapi berbagai potensi permasalahan yang akan dihadapi, apabila nanti para perangkat linmas bertugas di masyarakat.

”Yang terpenting dari semua itu adalah para perangkat linmas harus mampu menghadapi kompleksitas permasalahan mulai dari terorisme, radikalisme, separatisme, kemiskinan, konflik horizontal dan vertikal serta tidak kalah pentingnya yaitu narkoba. Sebagai pelayan masyarakat, perangkat linmas harus mampu menghadapi itu semua dan membawa Indonesia yang lebih maju dimasa yang akan datang,” katanya.

Menurut Danramil, perangkat linmas di desa harus mampu menjadi sosok yang bisa diteladani oleh masyarakat. “Tidak hanya cerdas dalam memiliki mental kualitas ideologi serta jiwa kepemimpinan yang kuat serta visioner dan tentunya dikemas dalam kualitas wawasan kebangsaan yang tinggi dari setiap individu,’ katanya.

Selain Danramil, kegiatan tersebut juga dihadiri Plt Camat Kalibagor yang diwakilkan kepada Kasi Trantib H Imam dan Damkar Purwokerto Darso yang diikuti anggota Linmas sebanyak 40 orang se-kecamatan kalinagor, peserta juga mendaapatkan pelatihan cara memadamkan api jika terjadi kebakaran dari Damkar Purwokerto. (lil)