ISTIMEWA PEMOHON Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polsek Sumpiuh tengah mengisi formulir, Selasa (11/6/19)
PEMOHON Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polsek Sumpiuh tengah mengisi formulir, Selasa (11/6/2019).ISTIMEWA

BANYUMAS, SATELITPOST-Usai libur Lebaran, pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polsek Sumpiuh terpantau ramai, Selasa (11/6). Umumnya, permintaan SKCK untuk kelengkapan berkas melamar kerja serta untuk melanjutkan kontrak kerja.

“Tak sedikit juga untuk keperluan melanjutkan pendidikan dan kelengkapan berkas pendaftaran kades,” kata Kapolsek Sumpiuh, AKP Sardjupri SH.

Menurutnya, pemohon mulai berdatangan sejak Senin (10/6). Adapun peningkatannya diprediksi sekitar 50 persen dari hari-hari biasa. “Adanya libur Lebaran dan cuti bersama yang cukup panjang inilah yang membuat pelayanan menjadi meningkat sehingga banyak masyarakat yang melakukan pembuatan SKCK pascalibur Lebaran ini,” katanya.

Bambang Sugiyanto (36), warga Desa Ketanda, Kecamatan Sumpiuh mengaku datang bersama dua rekannya untuk membuat SKCK untuk melamar pekerjaan. Meski sempat mengantre, namun ia mengaku puas. Pasalnya, dalam pengurusan pembuatan SKCK lancar dan cepat.

“Tadi ngantre sebentar saja sih. Tapi ya yang penting saya dapat SKCK hari ini supaya bisa cepat kirim lamaran pekerjaan,” katanya.‎

Dari pantauan, pemohon SKCK terlihat mengantre di bagian pendaftaran dan penyerahan berkas serta sidik jari. Beberapa dari mereka tampak sibuk mengisi formulir sebagai syarat yang harus dipenuhi. (rar)