Pelaku pencurian uang kotak amal masjid saat dimintai keterangan oleh Kapolsek Ajibarang, AKP Supardi. SATELITPOST/Rare

AJIBARANG, SATELITPOST-Aris Santosa (45) digelandang ke Mapolsek Ajibarang setelah kepergok mencuri uang kotak amal masjid di Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, Kamis (1/11/2018) petang. Pria yang diketahui merupakan desersi TNI AL ini sempat  dihajar warga saat akan diamankan polisi.

Aksi pencurian uang kotak amal di Masjid Tanbighul Ghofilin Darmakradenan  ini pertama kali diketahui oleh seorang anggota polisi sektor Gumelar yang rumahnya berada di dekat masjid. Aiptu Ni’matul Fuadin curiga dengan seorang pria yang memarkir sepeda motornya di depan masjid yang kemudian masuk dan menutup pintu masjid.‎

“Karena curiga kemudian saya intai, benar saja, bukannya masuk ke Masjid untuk salat, lelaki itu justru berusaha mencongkel uang dari kotak amal yang berada di dalam masjid,” kata Fuad.

Mengetahui hal tersebut, Fuad yang saat itu tengah lepas dinas bergegas masuk ke masjid dan menangkap pelaku. Iapun melaporkan peristiwa tersebut ke perangkat desa serta polsek Ajibarang.

“Aksi pencurian uang kotak amal bukan sekali saja terjadi di masjid ini, makanya saya curiga ketika ada orang asing yang datang dengan gerak-gerik mencurigakan,” ujarnya.

Personil Polsek Ajibarang yang mendapat laporan pun tiba dilokasi untuk mengamankan pelaku. Namun warga yang terlanjur geram sempat mendaratkan bogem mentah ke pelaku saat hendak dibawa ke mobil polisi.

“Pelaku sudah diamankan bersama barang bukti berupa sepeda motor, obeng, kunci inggris serta uang dari kotak amal sebesar Rp 497 ribu,” kata Kapolsek Ajibarang, AKP Supardi.

Saat diperiksa, pelaku mengakui pernah melakukan aksi pencurian serupa di sejumlah wilayah. Uang hasil kejahatannya digunakan untuk membeli kebutuhan makan keluarganya yang berada di Cilacap.‎‎

“Kami mengimbau agar takmir masjid di wilayah Ajibarang untuk lebih waspada dan menempatkan kotak amal yang lebih aman,” katanya. (rar)