SATELITPOST/TASLIM INDRA
SATELITPOST/TASLIM INDRA

KARANGPUCUNG,SATELITPOST- Pemdes Sindangbarang menggelar gerakan pengendalian organisme pengganggu tanaman (Gerdal OPT) yang diikuti Kelompok Tani Setyo Ngudikaryo Desa Sindangbarang, Kamis (13/6/2019).

Kegiatan dipusatkan di Grumbul Cijangggot Dusun Sindangbarang, Desa Sindangbarang dan dihadiri Forkompimcam Karangpucung, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi Jawatengah melalui Balai Perlindungan Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Laboratorium Pengamat Hama dan Penyakit Banyumas, dan petani Desa Sindangbarang.

Camat Karangpucung Martono SSos MM dalam sambutannya menyampaikan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai upaya upaya peningkatan produksi dengan melakukan pengendalian terhadap hama tanaman.

Diharapkan dengan gerakan ini, padi dengan isi bulir padi yang maksimal sehingga dapat mewujudkan cita-cita desa swasembada pangan.

‚ÄúPengendalian hama bagian dari solusi Untuk peningkatan produksi bulir padi secara maksimal namun ramah lingkungan,” kata dia.

Untuk itu dia meminta agar gerakan Gerdal OPT agar bisa disosialisasikan kepada petani lainya sehingga  gerakan tersebut bisa dilaksanakan agar hasilnya maksimal dan berdampak pada kesejahteraan petani.

 

Sementara itu Ir Daniar Tri Wulandari dari Distanbun Jawa Tengah dalam pemaparannya menerangkan, pengendalian hama yang ramah lingkungan adalah dengan dengan bahan pengendali hama yang terbuat dari bahan hayati sejenis bakteri.(lim)