ISTIMEWA KAPOLSEK Rawalo AKP Sutardiyana saat mendatangi anak jalanan yang mangkal di Pintu Perlintasan Kereta Api Desa Tambaknegara, Selasa (11/6/19).
ISTIMEWA KAPOLSEK Rawalo AKP Sutardiyana saat mendatangi anak jalanan yang mangkal di Pintu Perlintasan Kereta Api Desa Tambaknegara, Selasa (11/6/19).

BANYUMAS, SATELITPOST-Sejumlah anak jalanan bergaya punk yang biasa mangkal di pintu perlintasan kereta api Desa Tambaknegara ditertibkan jajaran Kepolisian Sektor Rawalo, Selasa  (11/6) siang. Penertiban dilakukan untuk mengantisipasi gangguan kelancaran lalu lintas dan aktivitas masyarakat.

‎”Aktivitas mereka (anak jalanan-red) disinyalir mengganggu kenyamanan pengguna jalan, karena dari laporan warga mereka meminta uang kepada pengendara,” kata Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIK melalui Kapolsek Rawalo AKP Sutardiyana.

Dari penertiban dan pendataan diketahui usia anak jalanan tersebut mulai belasan tahun hingga menjelang dewasa. Mayoritas, mereka berasal dari kabupaten tetangga. “‎Mengingat usia mereka yang masih muda, kami berikan pembinaan agar mereka kembali ke rumah, meminta maaf kepada orangtua dan hidup normal kembali,” katanya.

Penertiban dan pembinaan anak jalanan, lanjut dia digelar untuk menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif. Terutama pasca-Lebaran, dimana banyak titik keramaian lalu lintas di jalan raya yang dimanfaatkan untuk meminta uang dengan cara mengamen maupun meminta-minta.

Sementara itu, Margo (45) warga Desa Tambaknegara mengatakan, selama bulan puasa terutama menjelang Lebaran anak jalanan sudah mulai datang di wilayah tersebut. Namun pasca-Lebaran jumlahnya semakin bertambah. Disinyalir mereka datang dari daerah tetangga. “Mereka datang karena lokasinya strategis, ramai pengendara terutama saat arus mudik dan balik,” ujarnya.‎

Ia mengatakan keberadaan anak jalanan selain mengganggu kenyamanan pengendara juga mengganggu kelancaran arus lalu lintas di jalan raya. Bahkan aktivitas mereka rawan kecelakaan karena tidak mempedulikan laju kendaraan setelah pintu perlintasan dibuka. (rar)  ‎

Kepsyen : Kapolsek Rawalo AKP Sutardiyana saat mendatangi anak jalanan yang mangkal di Pintu Perlintasan Kereta Api Desa Tambaknegara‎, Selasa (11/6). Istimewa