Petugas PMI memeriksa calon pendonor sebelum diambil darahnya, Senin (20/5).

BANYUMAS, SATELITPOST-Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Tambak menggelar donor darah di pendapa kecamatan setempat, Senin (20/5/2019) malam. Kegiatan donor dilakukan guna menjaga stok darah selama bulan Ramadan.

Ketua PMI Kecamatan Tambak, Muslihin, mengatakan, kegiatan donor merupakan kegiatan rutin dalam rangka membantu PMI dalam pemenuhan kantong darah. Selain itu kegiatan juga merupakan bentuk kepedulian sosial dan kemanusiaan. “Biasanya pada saat bulan puasa itu kan pendonor berkurang. Jadi untuk mencukupi stok darah selama Ramadan dan Lebaran kami gelar donor malam,” katanya‎.

Untuk mencapai target perolehan kantong darah, pihaknya berkerja sama dengan beberapa instansi di antaranya pemerintah kecamatan, koramil, polsek serta  komunitas Donor Darah Sukarela (DDS) dengan cara penyebarluasan informasi melalui surat edaran maupun grup WhatsApp komunitas.

Alhamdulillah calon pendonor yang hadir mencapai 117 orang, yang dapat mendonorkan darah sebanyak 94 orang,  sedangkan 23 lainnya tidak memenuhi persyaratan,” katanya.‎

Bima (29) warga Desa Watuagung menyambut baik kegiatan donor di malam hari tersebut. Dia mengaku sudah merasakan manfaat yang luar biasa setelah donor. Bahkan Bima rela datang lebih awal dari jadwal yang telah ditetapkan. “Sengaja datang lebih awal agar mendapat kesempatan pertama pas diambil darahnya,” kata Bima yang mengaku rutin mendonorkan darahnya. (rar)‎