WISATAWAN menikmati destinasi wisata river tubing di Ajibarang Kulon yang dikembangkan pemuda Karang Taruna setempat, beberapa waktu lalu.

AJIBARANG, SATELITPOST – Kini masyarakat Ajibarang dan sekitarnya bisa menikmati river tubing tanpa harus jauh-jauh pergi ke daerah lain. Salah satu tempat tubing fun tersebut kini ada di Desa Ajibarang Kulon. Destinasi wisata ini diprakarsai oleh Karangtaruna setempat dengan melihat potensi alam di desanya.

 

Pemandu Taruna Tubing Fun (TTF) Yuslih Amank menjelaskan ini bisa menjadi alternatif wisata yang seru dan mendebarkan untuk mengisi hari libur. Berbeda dengan rafting yang menggunakan perahu, tubing menggunakan ban dalam untuk menyusuri sungai.

 

Sekrertaris Karangtaruna Ajibarang Kulon Hafif Rosadi mengatakan Taruna Tubing Fun menyusuri sungai sejauh sekitar 1,5 Km dalam situasi normal dengan waktu tempuh kurang lebih 25 menit.

 

Start-nya di Sungai Wilaki menyusuri pemandangan persawahan dan perkebunan serta permukiman, dan dalam penyusurannya tim kami  juga akan  mengenalkan sejarah yang ada di Desa Ajibarang Kulon,” katanya.

 

Titik akhir wisata tubing ini berada di Sungai Susukan. Taruna Tubing Fun memberikan sensasi yang seru dengan pemandangan yang asri. Harga yang ditawarkan pun sangat murah dan cocok untuk wisata bersama teman dan keluarga. “Cuman registrasi konservasi lingkungan Rp 7 ribu (per orang) sekali berangkat. Kalo rombongan lima orang cukup Rp 25 ribu,” kata Hafif.

 

Soal keamanan, Hafif juga memastikan wisata ini aman bahkan untuk anak usia min lima tahun. “Wisata ini sudah dibuka untuk umum sejak dua bulan lalu. Setiap akhir pekan atau hari libur kunjungan cukup banyak sehingga harus antre,” katanya.

 

Wisata tubing merupakan program kerja Karang Taruna menghadapi Lomba Karang Taruna Berprestasi tingkat Jawa Tengah mewakili Banyumas Juni 2019. (cr2).