TIM psikososial UMP berpamitan dengan rektor UMP sebelum keberangkatan ke Lombok, Kamis (9/8).

PURWOKERTO, SATELITPOST-‎ Bencana gempa bumi yang terjadi di Lombok bukan hanya mengakibatkan banyaknya korban jiwa, dampak ekonomi juga berdampak pada psikis warga. Sebagai bentuk kepedulian, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) turut membantu meringankan beban korban, dengan mengirimkan Relawan Tim Psikososial untuk membantu penanganan paska gempa.

 

Keberangkatan tim psikososial UMP yang pertama dilakukan Kamis (9/8) sore. Dalam pemberangkatan tim psikososial ini, ada sebanyak delapan orang. Di antaranya, Febrian Arif Nugroho, Muhammad Fajar Bastian, Hanandita Belva Fauzi, Nuzulul Hidayah, Ayu Rizqy Ramadhani, Prima Dhea Fredlina, Anisa Fadllah Qalami, dan Dian Safitristiani.

 

Satu tim psikososial UMP yang dikirim ke Lombok,‎ Hanandita Belva Fauzi mengatakan tim sebelumya telah dibekali penanganan usai bencana. “Jadi persiapkan kita sudah matang, kita sudah di bekali beberapa materi, dan sudah kita pelajari bersama. Selain itu kita juga sedikit belajar dari bancana yang pernah kita tangani sebelumnya di Kalibening, Banjarnegara,” katanya.

 

Ia mengatakan fokus penanganan korban bencana kali ini adalah psikososial. Seperti trauma healing yang berfungsi untuk pemulihan mental. Karena, trauma healing ini merupakan satu hal penting yang banyak terabaikan. Pengalaman selama terjadi gempa jika tidak ditangani secara psikososial akan berdampak buruk di masa yang akan datang bagi korban. Makanya, perlu dilakukan trauma healing supaya korban tidak memiliki trauma buruk akan kejadian tersebut.

 

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UMP, Ir Aman Suyadi MP mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Dari koordinasi itu, diputuskan UMP mengirimkan relawan medis sesuai yang dibutuhkan saat ini.

 

“Kami mengirimkan 8 mahasiswa tim relawan yang bergabung MDMC PP Muhammadiyah dalam rangka ikut peduli serta ikut membantu meringankan apa yang telah dialami oleh saudara kita di Lombok,” katanya.

 

Ia mengatakan, pengiriman relawan tersebut semata-mata karena misi kemanusiaan.‎ “Yang kita kirim adalah mahasiswa yang telah memiliki pengalaman di dalam menangani kejadian paska bencana. Mereka akan membantu memulihkan korban bencana seperti perbaikan mental,” kata dia.

 

Sementara itu Rektor UMP, Dr H Syamsuhadi Irsyad MH sangat mengapresiasi keberangkatan Tim Psikososial UMP ke Lombok. “Selamat jalan lakukan yang terbaik dengan maksimal. Semoga Allah memudahkan rencana misi kemanusiaan ini dan berjalan dengan baik, sehat dan selamat sampai kembali lagi ke UMP,” katanya. (alf)