BBA Survey Dampak Lingkungan Proyek PLTPB

CILONGOK, SATELITPOST– Bambang Barata Aji ( BBA) melakukan survey dampak lingkungan yang diduga disebabkan adanya proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi ( PLTPB) Baturraden. Bakal Calon ( Balon) Bupati yang bakal meramaikan Pilkada Banyumas 2018 mendatang ini melakukan survey di lokasi Curug Cipendok, Kamis (14/9).

” ‎Saat presentasi beberapa waktu lalu sempat ditanya tentang PLTPB  merupakan program nasional. Concern kita lebih ke dampak lingkungannya. Apakah‎ progres proyek tersebut berpotesi  terjadi dampak ekologis seperti pencemaran air, masa depan sumber air dan lainnya atau tidak.”katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya harus melihat sendiri kondisi di lapangan dan bukan hanya berdasarkan informasi-informasi yang diterima saja. Sebelumnya, ia mengaku mendapat informasi dari warga desa setempat yang mengatakan imbas proyek PLTB berdampak keruhnya air di kawasan Curug Cipendok.

” Saya sebagai warga desa disini karena istri saya asli sini menjadi terpanggil untuk melihat secara langsung kondisi yang sebenarnya. Untuk hari ini, yang saya lihat air sungai terlihat jernih. Memang debit air sedikit berkurang.” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk selanjutnya, pihaknya akan mengawal dan melakukan pemantuan secara kontinyu progres serta dampak lingkungan yang dirasakan masyarakat.‎Menurutnya, anugerah oleh Allah berupa Gunung Slamet yang menjadi sumber air penting bagi masyarakat Banyumas seharusnya untuk dijaga bersama sama agar tetap lestari. ” Manusia memang berwenang untuk mengelola alam, namun hendaknya dikelola secara bijaksana dan tidak semena -mena. Harus tetap menjaga keseimbangannya. ” kata dia. (rar)