KETUA KPU Kabupaten Purbalingga Sri Wahyuni menyerahkan berkas kepada Perwakilan Partai Garuda di Aula KPU Purbalingga, Jumat (12/1).SATELITPOST/AMIN WAHYUDI

PURBALINGGA, SATELITPOST – Setidaknya ada 50 data dari 96 data yang diserahkan Partai Garuda kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga, dinyatakan tidak valid. Hal tersebut dilakukan pemeriksaan dan verifikasi data oleh KPU. Berkas-berkas tersebut telah  dikembalikan lagi oleh KPU kepada partai tersebut, kemarin (12/1).

Komisioner KPU Purbalingga Divisi Hukum, Mey Nurlela mengatakan, dari 96 berkas yang ada, hanya 46 yang memenuhi syarat. Sedangkan 50 lainnya tidak diakui. Sehingga dikembalikan untuk direvisi lagi.

“Paskakeluarnya pengumuman dari KPU Pusat, di Purbalingga cuma ada tambahan partai Garuda. Tadi (kemarin, red) berkas telah kami serahkan kembali untuk direvisi, karena hanya 46 yang memenuhi syarat, dan 50 tidak diakui,” kata Mey Nurlela, Jumat (12/1).

Berkas yang dikembalikan, lanjut Mey, diharapkan segera direvisi oleh Parpol. Pengembalian hasil revisi ditunggu sampai tanggal 26 Januari 2018. Saat pengembalian diharapkan sudah beres sesuai syarat yang ditentukan. Sehingga bisa menghemat waktu pada tahapan lainnya. “Batas pengembalian lagi 26 Januari, selanjutnya dilakukan verifikasi ulang sampai 3 Februari,” ujarnya.

Diketahui, di Kabupaten Purbalingga total partai yang sudah mendaftarkan diri di KPUD sebanyak 15 partai. Selain Garuda, berkas partai lainnya sudah dikembalikan terlebih dahulu. Pasalnya, Partai Garuda baru mendaftar pada tahap kedua, setelah ada putusan dari KPU Pusat.

“Totalnya ada 15 partai politik, untuk pendaftar tahap kedua, di Purbalingga hanya ada Pantai Garuda,” ujarnya.

Dia menambahkan, KPUD saat ini juga masih menunggu petunjuk dari KPU RI, terkait hasil putusan MK. Diwacanakan akan ada tahapan verifikasi ulang, termasuk melakukan verifikasi faktual pada seluruh parpol. “Kami juga masih menunggu petunjuk dari KPU RI tentang rencana verifikasi ulang, itu terkait hasil putusan MK,” kata dia.(min)