Sesuai dengan apa yang termaktub dalam Pasal 64 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika yang menyebutkan bahwa dalam rangka Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) dibentuklah Badan Narkotika Nasional. Dalam ayat selanjutnya (ayat 2) disebut bahwa BNN merupakan lembaga pemerintah non kementerian (LPNK) yang berkedudukan di bawah Presiden dan bertanggungjawab kepada Presiden. Sedangkan dalam pasal selanjutnya, Pasal 65 ayat (2) dan (3) disebutkan bahwa BNN memiliki perwakilan di daerah provinsi dan Kabupaten / Kota. Salah satunya adalah BNN yang berada di Kabupaten Purbalingga, sehingga disebut sebagai BNN Kabupaten Purbalingga.

Mengenai tugas Badan Narkotika Nasional diatur dalam Pasal 70 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, di antaranya adalah menyusun dan melaksanakan kebijakan nasional mengenai Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN). Sehubungan dengan BNN adalah lembaga vertikal, maka BNN Kabupaten Purbalingga menyusun kebijakan P4GN dalam ranah lokal kabupaten, termasuk didalamnya adalah fungsi kehumasan atau publikasi.

Bahwa fungsi kehumasan tentu tak hanya sebatas pada publikasi kegiatan, namun yang paling utama adalah bagaimana menjadikan BNN agar lebih mengena, lebih dekat, lebih membaur dengan masyarakat. Bagaimana program-program P4GN dapat lebih masuk dan merasuk dalam tiap sendi keseharian kehidupan masyarakat. Itulah tujuan utama dan tujuan sejati dari kehumasan. Bahwa gaya hidup stop narkoba adalah sebagai kebutuhan.

Oleh  karena itu, kehadiran BNN untuk menyapa masyarakat di Kabupaten Purbalingga diantaranya telah dilakukan melalui beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Si Biru BNN

Mobil Operasional Pemberdayaan Masyarakat yang dilengkapi dengan toilet, display narkotika dan spot foto selfie.

Si Biru BNN ini acapkali dilibatkan dalam berbagai event, baik yang diselenggarakan oleh BNN, pemerintah kabupaten, instansi pendidikan maupun komponen masyarakat.

Bagi siswa PAUD atau TK yang berminat untuk keliling kota bersama Si Biru BNN dipersilakan mengajukan ke kantor BNN Purbalingga yang beralamat di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 20-B Kalikabong, Kalimanah Purbalingga.

  1. Pojok BNN.

Pojok BNN adalah kegiatan BNN Kabupaten Purbalingga yang berupaya untuk hadir setiap hari Jumat Pagi di GOR Goentoer Darjono Purbalingga bersama Si Biru BNN untuk menyapa masyarakat yang tengah berolahraga.

Dalam Pojok BNN ini, masyarakat dipersilakan untuk swafoto maupun menanyakan berbagai hal terkait kenarkotikaan.

  1. Melalui website

BNN Kabupaten Purbalingga berupaya hadir secara online melalui website resmi yang dapat diakses pada link :  purbalinggakab.bnn.go.id.  

  1. Melalui akun medsos Instagram

BNN Kabupaten Purbalingga pun berupaya untuk menyapa warganet  melalui aplikasi instagram dengan akun : infobnn_kab_purbalingga

  1. BNN Kabupaten Purbalingga hadir pula melalui layanan call center di nomor 0811-2822-221.
  2. BNN Kabupaten Purbalingga berupaya masuk untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam kegiatan atau event yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah, instansi swasta, instansi pendidikan maupun komponen masyarakat.

Adapun momen ketika BNN Purbalingga berkolaborasi dan bersinergi dengan pihak lain diantaranya :

  1. Pada tanggal 18 September 2019, BNN bekali dan cek urine 30 finalis Kakang Mbekayu Duta Wisata Kabupaten Purbalingga Tahun 2019, hasil seluruhnya negatif narkoba. Ini adalah sebuah terobosan, sebab kali pertama BNN dapat masuk untuk berpartisipasi dalam rangkaian pemilihan Kakang Mbekayu Duta Wisata Purbalingga. BNN merasa perlu hadir guna memastikan bahwa putra putri yang nantinya bertindak sebagai Duta Wisata tersandung atau terlibat dalam pusaran penyalahgunaan atau peredaran gelap narkoba. BNN Kabupaten Purbalingga menghaturkan terima kasih kepada Dinporapar Kabupaten Purbalingga sebagai penyelenggara kegiatan ini yang telah bersedia bersinergi dengan kami.
  2. Men-support kegiatan Ruwat Bumi Desa Banjarkerta Kecamatan Karanganyar yang dilaksanakan pada tanggal 15 September 2019. Humas BNN Kabupaten Purbalingga mendukung dalam bentuk koran bekas yang disulap penuh kreasi oleh muda-mudi Desa Banjarkerta menjadi aneka kostum pakaian yang dikenakan pada acara Ruwat Bumi Desa Banjarkerta.
  3. Pada tanggal 24 September 2019, Humas BNN Kabupaten Purbalingga mengunjungi Limbah Pustaka, Perpustakaan sekaligus Bank Sampah yang dikelola secara mandiri oleh ibu Roro Hendarti di Desa Muntang Kecamatan Kemangkon. Kehadiran Humas BNN Kabupaten Purbalingga untuk memberikan poster jenis narkoba menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 dan sejumlah koran bekas. Diharapkan poster tersebut dapat digunakan oleh ibu Roro Hendarti untuk mengedukasi warga masyarakat di Desa Muntang agar terhindar dari jerat ancaman narkoba, tentu dengan cara beliau. Adapun koran bekas dapat digunakan sebagai bahan ekobrik, bahan kliping untuk tugas anak-anak sekolah atau kegiatan PKK.

Tentu, upaya tersebut belum sepenuhnya dapat menjangkau seluruh elemen dan komponen masyarakat di Kabupaten Purbalingga. Oleh karenanya, sumbang saran, masukan dan kritik yang membangun, kami nantikan, demi kemajuan, perbaikan dan optimalisasi implementasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).(*)