CILACAP, SATELITPOST-Sekolah bisa menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk honor para Guru Tidak Tetap dan Pegawai Tidak Tetap (GTT PTT). Hal ini sebagai hasil dari konsultasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap, Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Cilacap, perwakilan wiyata bakti dan juga BPKAD, Inspektorat, Bagian Hukum Setda di Kementrian Pendidikan RI pada Senin (9/10).

“Sudah berangkat, dan hasilnya mendapat penjelasan dari sana tentang tafsir Permendiknas nomor 26 tahun 2017 tentang petunjuk BOS, bahwa intinya uang BOS bisa digunakan dengan legal oleh Kepala Sekolah untuk honor GTT PTT,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap, Warsono, Rabu (11/10).

Meskipun demikian, Pemkab harus mengajukan permintaan terlebih dahulu kepada Dirjen Pendidikan Dasar di Kementrian terkait hal tersebut. Yang akan dijadikan payung hukum pelaksanaannya.

“Sesuai dengan permintaan, kita akan kirim surat ke Dirjen, dan di sana akan memberikan jawaban segera. Maka jawaban itu yang akan jadi  payung hukum untuk langkah selanjutnya,” ujarnya.

Sebelumnya, ribuan guru yang tergabung dalam Forum Komunikasi GTT dan PTT di Kabupaten Cilacap melakukan aksi damai di alun-alun dan gedung DPRD Cilacap, Rabu (4/10) kemarin. Mereka meminta tiga tuntutan kepada pemerintah daerah, di antaranya , pertama  terbitkan Surat Keputusan (SK) Bupati untuk GTT dan PTT secepatnya, dua memberikan honor yang layak bagi GTT dan PTT, serta memberikan jaminan kesehatan bagi keluarga GTT dan PTT.

Atas aksi tersebut, DPRD Cilacap, Dinas Pendidikan dan Kabupaten Cilacap serta perwakilan dari GTT PTT melakukan studi banding ke Temanggung, Jumat (6/10). Dilanjutkan dengan melakukan audiensi dengan Kementerian Pendidikan di Jakarta pada Senin kemarin. (ale)

Komentar

komentar