CILACAP, SATELITPOST – Program Nasional dari Kementrian PUPR Ditjen Cipta Karya RI Kotaku sudah memasuki tahun terakhir diperiode 2014-2019. Sejumlah peningkatan fasilitas di sejumlah kelurahan sudah mencapai tahap akhir, Minggu (1/12).

Kepala Bidang Perumahan Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kabupaten Cilacap, Ir Gontho Pramuhargono mengatakan, jika pihaknya memang yang ditunjuk sebagai Satuan Kerja (Satker). Dana program tersebut juga langsung masuk dalam nomenklatur Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM).

“Kami Disperkimta ditunjuk sebagai Satker. Pada periode kali ini ada tiga kelurahan yang mendapat program kotaku yakni Donan, Sidakaya dan Karangtalun. Masing-masing dana yang diperoleh yakni sebesar Rp 1 miliar, kemudian untuk BOP nya 5 persen dikelola oleh KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat),” ujarnya.

Menurutnya, bahwa Kotaku merupakan program untuk mengurangi kekumuhan diwilayah kota yang bersangkutan. Misal program yang dijalankan yakni membuat jalan lingkungan, tempat pembuangan sampah, kemudian ada juga pembuatan reverse air dan lain sebagainya.

“Rata-rata permasalahan seperti itu, sebelum anggaran program ini juga ada identifikasi dari teman-teman. Kira-kira kegiatan apa yang diperlukan untuk mengurangi kekumuhan. Kita sudah anggap selesai karena yang dulunya kumuh sudah mulai dituntaskan,” katanya.

Dengan kotaku pihaknya berharap tidak ada lagi kawasan kumuh di perkotaan, namun kawasan yang asri. Tata pembangun dilakukan secara teratur dan jangan sampai ada rumah yang tidak memiliki jalan. Pihaknya juha berharap untuk wilayah diperkotaan yang mungkin akan di usulkan pada periode mendatang segera ditentukan. Sehingga dana untuk program Kotaku selanjutnya bisa segera ditindak lanjuti. (And)