CILACAP, SATELITPOST-Bupati Cilacap melantik dan mengambil sumpah sebanyak 254 aparatur sipil negara (ASN) di Pendapa Wijayakusuma, Rabu (10/7). Jumlah tersebut terdiri atas kepala sekolah dasar negeri, kepala sekolah menengah pertama negeri, administrator, dan kepala puskesmas.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berharap seluruh pejabat terlantik bekerja bersungguh-sungguh. Para pejabat juga diminta menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. “Tidak perlu menunggu perintah dari atasan dalam melakukan pekerjaan,” kata dia.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf mengatakan, selain mengisi jabatan yang kosong karena pejabat sebelumnya pensiun, ada beberapa  pejabat yang mengalami rotasi. “Pelantikan jumlah terbanyak adalah Kepala SD Negeri, karena banyak yang kosong dan harus diisi, mendesak. Karena tandatangan ijazah, harus segera terselesaikan,” kata Farid.

Dengan terisinya jabatan kepala sekolah yang kosong ini, Farid berharap tidak ada lagi permasalahan administrasi dan pengelolaan sekolah. Terutama terkait ijazah dan penerimaan siswa baru.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cilacap Warsono mengatakan ada sekitar 80 jabatan kepala sekolah yang kosong. Selain itu ada kepala sekolah yang sudah menjabat selama lebih dari lima tahun di sekolah tersebut.

“Maka dirotasi untuk penyegaran, sekaligus menempatkan yang promosi. Sedangkan untuk kesehatan untuk pengisian yang kosong, dalam rangka memastikan pelayanan berjalan dengan baik,” ujarnya. (ale)