CILACAP, SATELITPOST РSebanyak 50 sopir dan kru bus dari 25 perusahaan otobus yang ada di Terminal Karangpucung melaksanakan tes urine, Sabtu (8/6). Kegiatan ini dilakukan oleh BNNK  Cilacap dalam rangka memastikan kesehatan dan keselamatan pengemudi dan penumpang angkutan Lebaran.

Kasie P2M Parwito SSos MMmengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pemudik yang akan balik ke kota masing-masing dengan selamat.

“Kegiatan ini juga untuk menghindari penggunaan narkoba dan bahan adiktif lainnya oleh para awak bus yang dapat membahayakan penumpang dan pengguna jalan lain yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas,” kata Parwito dikutip dari Cilacapkab.go.id.

Selain kegiatan tes urine, juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan  kepada awak bus terutama pengemudi dan kru oleh tim kesehatan Puskesmas Karangpucung serta pemeriksaan kelengkapan surat-surat bus dan kelengkapan keselamatan bus oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap.

Dari ke-50 sopir dan kru bus yang mengikuti tes urine, tak ada satu pun yang terindikasi penggunaan narkotika dan psikotropika.(tha)