WARGA Dusun Singaraja Desa Datar melaksanakan Kerja bakti pembersihan material longsor yang menutupi jalan desa, Jumat (12/4).

Akses Singaraja-Cikodang Lumpuh (jud)
Tertutup Longsoran Tebing Perkebunan (sub)

 

DAYEUHLUHUR, SATELITPOST-Hujan deras selama dengan intensitas lama yang mengguyur wilayah Desa Datar, Kecamatan Dayeuhluhur menyebabkan tebing perkebunan warga longsor, Jumat (12/4). Guguran longsor menutup jalani jalan sehingga mengakibatkan akses jalan Dusun Singaraja-Dusun Cikondang lumpuh tak bisa dilalui kendaraan roda dua ataupun roda empat.

 

Pj Kepala Desa Datar Nardi menyampaikan, longsor terjadi pada Kamis (11/4) setelah hujan deras yang mengguyur desa setempat dari pukul 22.00-00.00 WIB. Longsor baru diketahui pada dinihari berkat laporan dari kepala dusun dan warga pemilik lahan yang ikut terdampak.

Dijelaskan longsor berasal dari tebing setinggi 50 meter dan lebar 5 meter. Berupa tanah yang terbawa air hingga menutup saluran air hujan dan meluap hingga membawa material longsor tanah dan lumpur.

“Longsor juga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang terseret aliran air dan material longsor termasuk kolam ikan milik warga tertutup longsor,” kata dia.

Dalam kejadian longsor tidak menimbulan korban jiwa karena lokasi tersebut jauh dari permukiman. Jumlah kerugian dan bantuan yang dibutuhkan masih dalam pendataan untuk dilaporkan kepada pihak terkait.

Untuk mengatasi jalan yang tidak bisa dilalui, warga pada Jumat (12/4) melakukan kerja bakti membersihkan longsor.

 

Sementara itu Jursa (46) warga setempat kepada SatelitPost mengungkapkan, longsor juga mengakibatkan kolam ikan miliknya tertutup longsor dan beberapa pohon albasia yang ditanam di lahan tersebut tumbang terseret longsor.(lim)

 

Foto : Warga Dusun Singaraja Desa Datar melaksanakan kerja bakti pembersihan material longsor yang menutupi jalan desa, Jumat (12/4).SATELITPOST/TASLIM INDRA