ANGGOTA DPRD RI Teti Rohatiningsih memberikan sosialisasi 4 pilar berbangsa dan negara kepada kaum milenial dan masyarakat di Cilacap. SATELITPOST/RENNY TANIA

CILACAP, SATELITPOST- Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Teti Rohatiningsih SSos menyosialisasikan konsensur empat pilar negara di Gedung Golkar Cilacap, Sabtu (30/11). Sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap NKRI.

Terutama kepada para milenial, agar lebih cinta tanah air, serta tidak mudah terpengaruh fakror-faktor eksternal seperti globalisasi. Karena itu dalam sosialisasi yang digelar di Gedung DPD Golkar Cilacap ini juga diikuti sekitar 150 peserta dari kalangan pelajar, pemuda, dan orang tua.

“Empat pilar negara ini harus terus disosialisasikan, agar masyarakat semakin menghayati, menjiwai serta lebih mencintai tanah air, tidak mudah terkoyak dengan adanya faktor ekaternal apapun itu yang bisa mempengaruhi pola pikir masyarakat,” ujar Teti yang  merupakan isteri Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji ini.

Untuk memantapkan persatuan dan kesatuan masyarakat harus dibentengi dengan empat pilar negara ini. Secara rinci, empat pilar negara juga disampaikan oleh narasumber Sahalu Jonedi Manalu.

Empat pilar berbangsa dan negara adalah Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai Konstitusi Negara dan Ketetapan MPR, NKRI sebagai Bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Teti juga berharap, konsesi empat pilar ini tidak hanya sekadar dihafalkan dan dimengerti, akan tetapi juga perlu pemahaman dan pelaksanaan nyata di kehidupan sehari-hari. Selain itu juga bisa disosialisasikan kembali ke keluarga, dan juga lingkungan sekitar.

“Saya berharap setelah mendapatkan sosialisasi ini, insyaalah masyarakat Cilacap menjadi SDM yang unggul yang bisa berkompetisi melalui arus globalisasi,” kata anggota Fraksi Golkar ini.

Ketua Panitia Sosialisasi 4 Pilar DPR/MPR RI, Nur Awalia mengatakan dengan sosialisasi tersebut untuk merawat dan memantapkan nilai norma berbangsa dan bernegara. “Kami berterimakasih banyak ada program luar biasa kepada konstituen dengan sosialisasi ini diharapkan kita semua akan mengamalkan kandungan yang ada pada Pancasila, UUD 1945, dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Dalam sosialisasi tersebut juga diserahkan santunan bagi santriwan santriwati daribPondok Pesantren Al Ihya Ullumaddin Kesugihan. Serta penyerahan sertifikat sosialisasi kepada perwakilan peserta. (ale)