CILACAP, SATELITPOST – Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap menggelar sosialisasi penganekaragaman konsumsi pangan dan intervensi pengenalan pangan beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA), di SDN 5 Tritih Kulon, Cilacap Utara, Jumat (9/8).

Kegiatan tersebut diikuti para guru dan wali murid. Tidak lanjut dari kegiatan ini adalah pemberian makan bagi anak sekolah di SDN Tritih Kulon 04, 05, dan 08.

Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap, Ir Susilan mengatakan, pangan B2SA adalah dambaan setiap masyarakat. Apabila mampu mengonsumsi pangan B2SA dengan baik, maka akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan fisik manusia.

“Karena selama ini makanan yang diberikan kepada anak-anak kita kadang menggunakan yang instan. Sehingga kita ingin bagaimana bisa mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada orang tua untuk memberikan makanan yang sehat,” katanya.

Seperti diketahui, Cilacap merupakan salah satu Kabupaten terluas di Jawa Tengah yang memiliki penduduk yang cukup besar. Di sisi lain, Cilacap juga memiliki potensi sumber hayati yang beranekaragam. Antara lain, sukun, ubi kayu, ubi jalar, buah-buahan, dan lain sebagainya. Hal itu perlu dikelola secara maksimal untuk menjadi sumber pangan yang sehat dan bergizi bagi masyarakat.(and)