BUPATI Cilacap Tatto Suwarto Pamuji saat memberikan sambutan dalam Rakor Lintas Sektoral Persiapan Idulfitri 2019 Kabupaten Cilacap, Selasa (14/5).

 

KAPOLRES Cilacap AKBP Djoko Julianto saat memberikan
sambutan pada
Rakor Lintas Sektoral
Persiapan Idulfitri.
RAKOR Lintas
Sektoral dalam
rangka
menghadapi Hari
Raya Idulfitri
2019 di Gedung
Graha Pemuda
Bercahaya,
Selasa (14/5).
PESERTA
mengajukan
pertanyaan
pada saat
Rakor Lintas
Sektoral
Persiapan
Idulfitri.
PERWAKILAN
dari Forkompimda
pada Rakor Lintas
Sektoral dalam
rangka
menghadapi Hari
Raya Idulfitri 2019
di Gedung Graha
Pemuda
Bercahaya,
Selasa (14/5).

 

CILACAP, SATELITPOST-Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji meminta agar ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat selama Bulan Ramadan sampai Idulfitri harus terjamin.  Sehingga masyarakat bisa memenuhi kebutuhannya.

Hal ini diungkapkan Bupati Cilacap pada saat Rapat Koordinasi Lintas Sektor menghadapi Hari Raya Idulfitri 1440 H/2019 di Cilacap, di Gedung Graha Pemuda Bercahaya, Selasa (14/5).

 

“Ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat saya minta menjadi prioritas dan perhatian utama kita. Karena ini menyangkut masyarakat banyak,” katanya.

Untuk itu, harus terus dilakukan pemantauan pasar, terkait dengan distribusi bahan kebutuhan pokok masyarakat. Bupati juga meminta agar segera dilakukan penanganan dengan cepat dan tepat, ketika muncul permasalahan terkait harga dan ketersediaan barang.

 

Alhamdulillah sampai saat ini harga kebutuhan pokok masyarakat, meskipun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga tetapi masih dalam kondisi aman dan terkendali. Saya juga ingatkan kepada dinas instansi terkait dan warga masyarakat, untuk mengantisipasi dan berhati-hati terhadap kemungkinan masih beredarnya makanan yang kedaluwarsa,” katanya.

 

Selain kebutuhan pokok, bupati juga mengingatkan terkait dengan ketersediaan BBM dan gas LPG yang cukup dan terjangkau oleh daya beli masyarakat.

 

Bupati juga menyampaikan kepada seluruh jajaran untuk mempersiapkan penanganan arus mudik. Dimana diperkirakan selalu terjadi peningkatan arus lalu lintas dan jumlah kendaraan. Hal ini juga bisa meningkatkan kerawanan di jalan raya, mulai dari pasar tumpah, dan tindakan kriminal yang bisa terjadi.

 

Karena tu, kesiapan jalan dan jembatan penghubung di Cilacap juga harus disiapkan. Karena akan memegang peranan yang penting sebagai jalur penghubung antar kecamatan, kabupaten maupun provinsi. Selain itu juga harus disiapkan jalur alternatif jika pada jalur utama terjadi kemacetan parah.

 

“Segera lakukan perbaikan apabila masih ditemui adanya kondisi jalan dan jembatan yang kurang layak dalam mendukung lancarnya perjalanan arus mudik, dan saya minta, kondisi sarana perhubungan yang ada sudah dalam keadaan kondisi siap untuk digunakan melayani masyarakat atau para pemudik,” katanya.

 

Bupati juga meminta kepada camat untuk melakukan pemantauan  dengan berkoordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, agar kegiatan penyelenggaraan arus mudik ini dapat berjalan dengan lancar.

 

Asisten Ekonomi Sekda Cilacap, Wasi Ariyadi menyampaikan, jika ketersediaan kebutuhan masyarakat masih cukup. Terutama beras, dimana ketersediaan cadangan pangan di rumah tangga petani sekitar 75.391 ton, rumah tangga konsumen 2.782 ton, penggilingan 24.576 ton, pedagang sebanyak 6.551 ton, dan per tanggal 7 Mei di Gudang Bulog sebanyak 8.045 ton.

 

“Total stok beras sebanyak 109.300 ton, dan stok cukup untuk 8 bulan,” katanya.

 

Untuk kebutuhan lainnya, yang sering mengalami fluktuasi seperti daging ayam, telur ayam, beras, gula pasir,  cabai, bawang merah dan juga bawang putih. Untuk menstabilkan harga pemkab terus melakukan monitoring harga ke pasar-pasar secara periodik, pemantauan ketersediaan barang ke pasar dan toko modern.

 

“Melaksanakan operasi pasar dan penyelenggaraan pasar murah,” ujarnya.

 

Sedangkan LPG selama Ramadan dan Idulfitri ini ada penambahan kuota sebesar 12,2 persen, dengan rencana alokasi sebesar 1.373.680 tabung.

 

Rakor Lintas Sektoral menghadapi Hari Raya Idulfitri kemarin juga dipaparkan rencana pengamanan selama arus mudik dan balik Idulfitri 2019 oleh Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto.

 

Rakor kemarin juga dihadiri oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rahman, Sekretaris Daerah Cilacap Farid Ma’ruf, Wakil Ketua DPRD Cilacap Mujiono, Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, dan perwakilan Forkopimda. Selain itu juga dihadiri kepala OPD, kapolsek, camat, tokoh masyarakat. (ale)