CILACAP,SATELITPOST-Hampir sepekan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji didamping sejumlah pejabat di lingkungan Setda Cilacap melakukan rangkaian kunjungan dan pembinaan dengan sejumlah ASN dan perangkat desa di setiap kecamatan.

 

Pembinaan ASN yang dibalut dengan acara Ngopi Bareng Bupati dilakukan di sejumlah tempat secara bergilir dengan waktu diluar jam dinas yakni pada sore dan malam hari. Seperti halnya di Kecamatan Dayeuhluhur dan Kecamatan Cimanggu dilaksanakan pada malam hari bertempat di pendapa kecamatan.

 

Tatto hadir didampingi Kepala Dispermades Ahmad Arifin,Kepala Dinas Tenaga Kerja Kosasih dan Kepala Dinas Pemuda,Olahraga dan Pariwisata Heroe Harjanto ketiganya juga menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut.

 

Ahmad Arifin dalam penyampaiannya menerangkan proses perjalanan Tatto Suwarto saat menjadi wakil Bupati hingga menjadi Bupati dan menggagas dan mensosialisasikan program Bangga Mbangun Desa dengan melakukan kunjungan dan menginap di sejumlah Desa di 24 Kecamatan.

 

Pembicara Kedua Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Cilacap Kosasih  menyampaikan sejumlah program pemberdayaan Tenaga kerja,hingga industry dan padat karya yang disinergikan dengan program Bangga Mbangun Desa.

 

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam pembinaan menyampaikan sejumlah program dan realisasi sejumlah pembangunan dan reformasi  birokrasi di Kabupaten Cilacap hingga berupaya menaikan sejumlah anggaran pembangunan untuk infrastruktur desa dengan proaktif melakukan lobi-lobi kepada Pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

 

“Sejak awal saya gulirkan Bangga Mbangun Desa saya terus berupaya melakukan koordinasi dan mencari peluang untuk pembangunan di Kabupaten Cilacap hingga jalan desa yang dahulu banyak yang rusak kini tinggal beberapa persen saja yang rusak,” kata Tatto.

 

Tak cukup sampai disitu Tatto juga menyampaikan akan merealisasikan tekatnya untuk mewujudkan Cilacap sebagai Singapore of Java dengan berbagai pembangunan industri berupa pembangunan PLTU penyedia tenaga listrik dan insfrastruktur transportasi bertaraf nasional berupa pembangunan jalan Tol Cilacap-Jogja,Cilacap-Brebes dan Cilacap Tasikmalaya.

 

Jalan Tol yang dibangun nantinya terintegrasi dengan Bandara Tunggul Wulung Cilacap dan Pelabuhan Tol Laut, ” jelasnya

 

Untuk itu di perlukan kesiapan berbagai aspek yang harus dimiliki masyarakat Cilacap agar jangan sampai yang menikmati orang luar Cilacap dan Masyarakat  Cilacap hanya menjadi penonton tidak bisa menikmati dari pembangunan tersebut.

 

Oleh karena itu Pemkab Cilacap sudah mengantisipasi melalui Program Bangga Mbangun Desa dengan 4 Pilarnya meliputi Pendidikan,Kesehatan,Ekonomi dan Lingkungan Sosial Budaya agar bisa bersaing menghadapi perubahan. “Program Bangga Mbangun Desa merupakan percepatan pembangunan di Kabupaten Cilacap yang mulai dari pelosok desa hingga perkotaan dengan segala Potensi yang dimiliki.”Ungkapnya.

 

Pembicara terakhir Kepala Disporapar Kabupaten Cilacap Heroe Haryanto menyampaikan sejumlah capaian pembangunan dan prestasi dibawah kepemimpinan Bupati Cilacap baik prestasi WTP maupun ratusan prestasi lainnya baik nasional maupun internasional.

 

Saat dikonfirmasi SatelitPost usai kegiatan Tatto mengatakan kegiatan yang digelar secara marathon sebagai sarana untuk memotivasi seluruh jajaran ASN dalam menyukseskan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Cilacap secara merata melalui Program Bangga Mbangun Desa.

 

Pembinaan dilakukan sebagai Napak Tilas sekaligus evaluasi pencapaian program Bangga Mbangun Desa dengan membuka kembali sejarah atau proses digagasnya program tersebut yang melalui proses panjang. (lim)