BARISTA dari Komunitas Brewcahaya menyeduh kopi dalam aksi bagi-bagi 1.000 cup kopi gratis pada peringatan Hari Kopi Internasional, Minggu (7/10/2018).SATELITPOST/RENNY TANIA

CILACAP, SATELITPOST-Komunitas Cilacap Brewcahaya membagikan 1.000 cup kopi secara gratis pada gelaran Sunday Morning di halaman Stadion Wijayakusuma, Minggu (7/10/2018). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kopi Internasional.

“Ada 1.000 cup kopi yang kita sediakan untuk pengunjung, gratis,” ujar Mudasir Faisalhaq, anggota Cilacap Brewcahaya, kemarin.

Ada beberapa macam kopi yang disuguhkan, dari jenis arabika dan robusta. Seperti kopi yang berasal dari Toraja, Aceh Gayo, Kerinci, Temanggung dan juga kopi asal Cilacap. Bahkan kopi dari Cilumping Dayeuhluhur menjadi juara kopi di tingkat Jawa Tengah.

“Kami ingin mengedukasi masyarakat, bahwa Cilacap juga memiliki kopi, bukan hanya di tempat lain. Di Cilacap ada di Dayehluhur di Desa Cilumping dan Cijeruk, untuk Wanareja di Palugon dan Kesugihan ada di Dondong,” katanya.

Selain menginformasikan jenis-jenis kopi Cilacap dan nusantara, para barista dari beberapa coffee shop di Cilacap ini juga mengenalkan cara menyeduh kopi dengan teknik manual brewing, seperti syphon, ve60, dan tubruk.

“Dengan kegiatan ini, kami berharap bahwa masyarakat mau ‘ngopi’ yang benar-benar kopi asli, karena dalam secangkir kopi ada jerih payah petani kopi di dalamnya,” katanya.

Wisnu, salah satu pengunjung yang ikut menikmati kopi gratis dari Komunitas Cilacap Brewcahaya ini mengatakan sangat tertarik menikmati kopi yang diseduh secara manual. Pasalnya, selama ini meskipun konsumsi kopi tetapi lebih banyak yang kopi instan.

“Kalau minum kopi seperti ini jarang banget, belum biasa kalau hanya kopi pahit saja. Biasanya yang kopi manis sih,” ujarnya.

Dia juga berharap kegiatan serupa sering dilakukan, agar masyarakat termasuk dia menjadi lebih terbiasa konsumsi kopi yang diseduh manual. Termasuk juga mengetahui jenis-jenis kopi, yang ternyata juga Cilacap menjadi satu penghasil kopi di Indonesia. (ale)