KEPALA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap Budi Santosa memberikan sambutan dalam acara peringatan Hari Wayang Nasional 2019.

CILACAP, SATELITPOST-Lima dalang cilik unjuk kebolehan memainkan lakon wayang secara parade pada peringatan Hari Wayang Nasional 2019, di komplek perumahan Setiabudi Kelurahan Tegalkamulyan Kecamatan Cilacap Selatan, Kamis (7/11). Secara bergantian pedalang cilik ini membawakan lakonnya masing-masing dengan apik.

Lima dalang cilik ini diantaranya Ki Zakaria Ilham dari SMP N 7 Cilacap yang membawakan lakon Wahyu Cakraningrat, Ki M. Aditya Luthfi Khusein dari SMP N 5 Cilacap, dengan lakon Dewa Ruci, Ki Arfian Dwi Kurniawan dari SMP N 1 Cilacap, dengan lakon Gatotkaca Jedi, Ki Arfa Danish Putra Winanda dari SD N Sidakaya 01 dengan lakon Dewa Ruci, dan Ki Maulana Prayoga dari SMK N 3 Nanyumas, dengan lakon Rajamala Lena.

Rangkaian Hari Wayang Nasional yang digelar oleh Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Cilacap ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap Budi Santosa, dengan secara simbolis sosok wayang Bratasena kepada perwakilan dalang cilik, Ki Arfian.

Selain parade lima dalang cilik, rangkaian Hari Wayang Nasional ini digelar berbarengan dengan pelantikan pengurus Pepadi Cilacap periode 2020-2025. Selain itu juga digelar lomba mewarnai gambar wayang.

Panitia Penyelenggara Jarmo mengatakan jika digandengnya lima dalang cilik ini sebagai upaya pelestarian wayang kepada generasi muda. Sehingga diharapkan bisa menarik para generasi muda untuk menonton dan juga menekuni dunia wayang.

“Ini salah satu upaya Pepadi melestarikan wayang dan menitipkan kepada generasi saat ini. Parade lima dalang cilik ini memang menjadi even pertama pada peringatan Hari Wayang ini,” ujarnya.

Tidak hanya parade lima dalang cilik saja yang digelar pada peringatan Hari Wayang kali ini. Tetapi, usai pengukuhan pengurus Pepadi Cilacap, yang digelar Kamis malam juga bakal ada pentas kolaborasi enam dalang Cilacap.

“Juga akan ada pentas kolaborasi enam dalang Cilacap, ada Ulin Nuha, Wahyu Eko Saputro, Agus Susmono, Tejo Sutrisno, Margono Sabdo Carito, Suwar Adi Prayitno, dan bintang,” katanya. Memeriahkan acara, dalam rangkaian Hari Wayang Nasional tingkat Kabupaten Cilacap ini juga mendatangkan Ciblek.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap Budi Santosa mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Pepadi, sebagai upaya untuk melestarikan budaya asli Indonesia, yakni wayang. Agar tidak ada negara lain yang bakal mengklaim wayang sebagai budaya mereka.

“Kepada pengurus Pepadi kedepan, saya yakin mampu untuk terus menjaga budaya kita, bahkan bisa membuatnya bersaing dengan budaya asing,” katanya. (ale)