KI Agus saat mendalang di kegiatan bimbingan teknis perfirmal, dalang, kerawitan dan waranggana dinas p dan k cilacap, rabu (10/7).

CILACAP, SATELITPOST – Dalang di Kabupaten Cilacap dikatakan masih membutuhkan perhatian pemerintah dalam aspek peningkatan kompetensi. Hal ini diungkapkan dalang muda Ki Agus Susmono.

Menurutnya, bimbingan teknis dalang dari Dinas P dan K Cilacap merupakan kegiatan penting. Sebab, agenda tersebut akan semakin menambah pengetahuan tentang perdalangan.

“Ini juga untuk pemantapan, kan perdalangan ada dari bermacam-macam gagrak mulai dari Banyumas, Yogyakarta, Solo, dan lain sebagainya,” ujar dalang muda dari Adipala tersebut.

Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Cilacap, Sutarwin Hadi Prayitno mengatakan, bimbingan teknis dalang merupakan upaya pelestarian budaya. Satu hal yang menurutnya sangat penting dalam rangka meningkatkan prestasi dalang.

“Dalang-dalang muda sekarang banyak, bahkan dari tingkat sekolah dasar (SD) dan SMP. Anak-anak muda dalam belajar mendalang juga sangat antusias,” katanya.

Berdasarkan laporan terakhir, sudah terdata sekitar 217 dalang di Kabupaten Cilacap. Angka tersebut sudah termasuk dalang muda maupun yang sudah bisa dikatakan senior.

Dengan munculnya dalang-dalang muda sebagai generasi penerus pewayangan, tentu harus ada perhatian khusus agar betul-betul mampu meningkatkan kemampuan untuk menorehkan prestasi. Mengingat saat ini banyak ajang atau kejuaraan mendalang baik tingkat daerah maupun nasional. (And)

 

 

 

 

 

Cap.foto : Ki Agus Susmono saat mendalang di kegiatan bimbingan teknis perfilman, dalang, karawitan dan waranggana Dinas P dan K Cilacap, Rabu (10/7).SATELITPOST/And