Ilustrasi

CILACAP, SATELITPOST-Masih banyak dijumpai Guru Tidak Tetap (GTT) yang mengajar tidak sesuai dengan ijazah yang dimiliki. Hal ini diketahui setelah dilakukan verifikasi dan validasi yang dilakukan oleh tim verifikasi.

“Banyak dijumpai antara ijazah dan mapel tidak linier. Meskipun guru itu mengajar untuk memenuhi standar pelayanan minimal sekolah,” kata Retno EI SPd MM, dari tim verifikasi berkas, Jumat (10/11).

Keseuaian ijazah dengan mata pelajaran yang diampu, kata dia, menjadi satu poin yang dinilai dalam verifikasi. Selain itu berkas yang dicek oleh tim adalah, SK pengangkatan GTT atau Wiyata Bakti, ijazah Sarjana S1, atau akta IV, surat keterangan aktif mengajar, SK pembagian tugas, dan juga R10 atau data guru di sekolah.

“Validasi berkas GTT ini harus dilakukan seteliti mungkin, dengan melihat berkas yang ada. Kriteria yang cukup berat dipenuhi para GTT adalah poin bahwa ijazah yang dimiliki dengan mata pelajaran yang diampu harus sesuai atau linier dengan jumlah jam mengajar minimal 24 jam. Misalkan ijazah jurusan Matematika harus mengajar Matematika,” ujarnya.

Verifikasi ini dilakukan untuk mendapatkan surat penugasan langsung dari Bupati Cilacap. Tim sudah turun untuk melakukan validasi sejak Rabu (8/11) sampai Jumat kemarin. Valididasi dilakukan untuk berkas usulan GTT dari jenjang Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di 24 UPT Dinas Pendidikan dan Kabupaten Cilacap.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Warsono mengatakan, hasil verifikasi ini akan menjadi payung hukum bagi kepala SD, SMP untuk menggunakan dana BOS sebagai honor dinyatakan legal.

“Dengan verifikasi ini akan didapat data akurat, berapa sebenarnya kebutuhan guru sesuai Standar Pelayanan Minimal Sekolah (SPM),” ujar Warsono.

Dinas berpijak pada aturan yang benar dalam verifikasi ini. Sementara bagi yang belum memenuhi syarat, Warsono meminta agar segera menyesuaikan, bahkan dinas akan membantu mereka.

Karena itu, mereka yang tidak linier ini, akan menjadi kapasitas dari komite yang dulu mengangkat GTT PTT ini. Komite agar bisa membantu kesejahteraan dari para GTT PTT yang  tidak linier. ([email protected])