Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Pulau Momongan, Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu Cilacap, Kamis (23/5).SATELITPOST/AHMAD ANDRIAN

CILACAP, SATELITPOST – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke Pulau Momongan yang berada di Desa Wisata Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupatan Cilacap, Kamis (23/5).

Dalam kunjungan tersebut dirinya ditemani Bupati Cilacap Tato Suwarto Pamuji, Kepala Disporapar Cilacap Heroe Harjanto, Camat Nusawungu Agus Firmanudi, Ketua Desa Wisata yang juga Kepala Desa Jetis Muharno dan para pejabat lain.

Gubernur menyeberang ke Pulau Momongan menggunakan kapal wisata milik masyarakat dari dermaga di dekat TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Jetis. Saat menuju lokasi gubernur dimanjakan dengan pemandangan yang indah berupa perbukitan dan hutan mangrove di sekitar Muara Sungai Ijo. Dirinya juga berkesempatan untuk mengelilingi Pulau Momongan tersebut.

“Masih banyak yang perlu dikembangkan, istilah saya itu masih ‘perawan’,” ujarnya.

Menurutnya, perlu dibangun beberapa fasilitas untuk mendukung dan mempercantik pulau tersebut. Dicontohkan seperti jogging track, bangunan arti visual, jet ski dan bahkan bisa dibuat semacam gelaran seperti lomba dayung dan lain sebagainya.

“Sungainya juga cukup lebar jadi memungkinkan untuk bisa dikembangkan dengan beberapa wahana. Atau mau dikembangkan parasailing pasti akan menarik sekali. Mungkin dari desa atau pemkab bisa mengajak perguruan tinggi atau konsultan untuk mendesain pulau tersebut, jadi kecil tapi cantik,” katanya.

Sementara Kepala Desa Jetis Muharno merasa sangat termotivasi untuk mengembangkan Pulau Momongan dengan kunjungan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Dia bertekad untuk mengembangkan sejumlah potensi terpendam yang ada di wilayahnya. Terlebih desanya ditargetkan menjadi salah satu desa wisata unggulan Kabupaten Cilacap.

“Tadi saya mendampingi gubernur dan beliau sangat senang dengan adanya Pulau Momongan itu sendiri. Beliau menyarankan agar dibuatkan sebuah tempat wisata yang berbeda dari yang lain. Nanti dari pemkab ada anggaran di tahun 2020,” ujarnya.

Kepala Disporapar Cilacap Heroe Harjanto mengatakan, bahwa pemkab akan berupaya untuk mengembangkan potensi wisata yang ada. Sehingga Kabupaten Cilacap ke depan akan memiliki wisata unggulan.

“Anggran untuk Pulau Momongan nanti di tahun 2020. Untuk mengembangkam wisata tersebut setidaknya akan digelontorkan dana sebesar Rp 2 miliar,” kata dia. (and)